Ilustrasi - - Foto: dok AFP.
Ilustrasi - - Foto: dok AFP.

Surplus Transaksi Berjalan Diperkirakan Berlanjut hingga Kuartal IV

Despian Nurhidayat • 18 November 2022 15:08
Jakarta: Bank Indonesia (BI) merilis transaksi berjalan pada kuartal III-2022 yang tercatat surplus sebesar USD4,4 miliar, lebih tinggi dari capaian kuartal sebelumnya sebesar USD4,0 miliar.
 
Menanggapi hal tersebut, Kepala Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memperkirakan bahwa surplus transaksi berjalan ini akan terus berlangsung sampai kuartal IV-2022 berkat harga komoditas yang tinggi.
 
"Namun, kami mengingatkan bahwa pertumbuhan impor telah mengejar pertumbuhan ekspor, sehingga surplus akan cenderung menyempit ke depan," ungkapnya, Jumat, 18 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Faisal menambahkan saat ini impor terus menguat di tengah pemulihan ekonomi yang terus tumbuh. Sementara itu, ekspor berisiko melemah akibat meningkatnya kekhawatiran akan resesi global.
 
Baca juga: Transaksi Berjalan Cetak Surplus USD4,4 Miliar di Triwulan III

 
Oleh karena itu, dia memperkirakan pada 2022 akan berpotensi membukukan surplus lebih besar dari perkiraan saat ini yang sebesar 0,45 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) atau kemungkinan mendekati satu persen dari PDB.
 
Secara keseluruhan, dia memperkirakan cadangan devisa pada 2022 akan mencapai sekitar USD130 miliar, dengan kecenderungan bias turun.
 
Sementara itu, nilai tukar rupiah diperkirakan akan berada di sekitar Rp15.186 per USD pada akhir 2022 dengan rata-rata sekitar Rp15.080 per USD sepanjang tahun.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif