Aplikasi TikTok. Foto: Istimewa
Aplikasi TikTok. Foto: Istimewa

Cara TikTok "Bekerja" Menghasilkan Pundi-pundi Uang

Annisa ayu artanti • 09 Januari 2023 13:20
Jakarta: Media sosial selalu saja bisa "melahirkan" sesuatu yang viral. Secepat menjentikkan jari, informasi apapun bisa kamu terima. Salah satunya melalui aplikasi TikTok. Namun terkadang, demi menjadi viral, segala cara pun dilakukan. Alhasil, hal yang viral ini sudah pasti menjadi santapan empuk para netizen yang budiman.
 
Salah satu konten yang sedang "happening" di platform TikTok Live yakni dengan memanfaatkan ketidakberdayaan orangtua dalam mengeruk cuan. Sudah pasti ini menuai kontra di masyarakat. Netizen seolah tidak terima dengan konten siaran langsung (live) yang dibuat oleh akun TikTok TM Mud Bath.
 
Akun tersebut rela menyuruh orangtuanya untuk berendam dengan dalih menghibur. Siaran langsung dengan konten itu menyedot perhatian pengguna TikTok hingga 9,2 juta penonton.
 
Baca juga: Ada Good News, 6 Saham Berpotensi Cuan Sepekan

"Tidak ada tujuan lain, hanya untuk menghibur teman-teman ya. Masuk live bersama ibu saya ya," tulisnya dalam salah satu video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Live TikTok seperti ini pun menjadi trending dan viral.
 
Beberapa netizen mengomentari konten tersebut. Mereka kasihan dan iba terhadap kondisi orangtua yang menjadi objek dalam konten yang dinilai netizen tidak mendidik.
 
"Mending live jualan gasih daripada live mandi lumpur atau apalah," salah satu komentar netizen.
 
"Aku udah bantu share akunnya temen-temen ini demi kebaikan biar gak kejadian hal gini lagi. Org tua bukan tpt ajang pencarian duit," kata netizen lainnya.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara TikTok bekerja untuk menghasilkan pundi-pundi uang?

Selain untuk hiburan, aplikasi TikTok menjadi pilihan masyarakat untuk memperoleh uang dari internet dengan gampang. Ya, salah satunya melalui TikTok Live.
 
TikTok Live memang tidak menawarkan uang secara langsung, namun dalam fitur aplikasi buatan Tiongkok tersebut menawarkan hadiah virtual yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.
 
Adapun hadiah yang dimaksud adalah diamond atau berlian. Setiap 200 diamond dari TikTok Live yang Kamu punya, dapat ditukar dengan USD1. Saat ini USD1 setara dengan Rp15.580 (sumber: Bloomberg). Jika memperoleh 2.000 diamond saja, uang yang kita dapatkan sudah mencapai Rp155.800 hanya dengan live TikTok.
 
Syarat untuk membuat TikTok Live pun tidak sulit, yaitu hanya dengan memiliki 1.000 followers agar bisa melakukan siaran langsung.

Langkah melakukan TikTok Live

  1. Membuka aplikasi TikTok.
  2. Setelah masuk ke aplikasi, tekan tombol 'plus' di bagian bawah.
  3. Klik tombol 'mulai siaran langsung' untuk memulai live di TikTok.
  4. Jika ingin melakukan siaran langsung bersama akun atau pengguna lain, tekan ikon yang berada di pokok kiri bawah dan pilih orang yang ingin diundang dalam live TikTok kalian. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif