Ilustrasi pasar modal Indonesia - - Foto: dok MI
Ilustrasi pasar modal Indonesia - - Foto: dok MI

Kapitalisasi Pasar Tembus Rp7.389 Triliun

Annisa ayu artanti • 10 Agustus 2021 17:04
Jakarta: Kondisi pasar modal Indonesia cukup menggairahkan meski pandemi covid-19 belum juga usai. Hal ini tercermin dari kapitalisasi pasar yang tembus Rp7.389 triliun per 9 Agustus 2021.
 
"Kapitalisasi pasar juga telah meningkat menjadi Rp 7.389 triliun, naik 6,01 persen year to date," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen dalam konferensi pers HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia, Selasa, 10 Agustus 2021.
 
Menurutnya kapitalisasi pasar di bursa saham Indonesia akan terus meningkat seiring rencana sejumlah perusahaan rintisan berstatus unicorn dan decacorn melantai di bursa. Masuknya perusahaan-perusahaan tersebut akan kembali mendongkrak kapitalisasi pasar di bursa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan masuknya unicorn dan decacorn ke bursa saham domestik tentu akan berpotensi mendongkrak market cap saham emiten di BEI," ujarnya.
 
Selain itu, per 9 Agustus 2021 tercatat posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga sudah menguat menjadi 6.127,46 atau naik 2,48 persen year to date.
 
Sedangkan, berdasarkan catatan bursa aktivitas perdagangan saham di bursa masih dalam kategori cukup baik yang tercermin dari rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) hingga 9 Agustus mencapai Rp13,24 triliun, dan rata-rata volume transaksi per hari telah mencapai 18,98 miliar saham.

 
Peningkatan frekuensi transaksi harian juga mencapai 1,25 juta kali atau lebih dari 84,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari data tersebut, Hoesen menambahkan akan terus bekerja sama dengan pemerintah serta stakeholder terkait untuk menjaga stabilitas pasar modal.
 
"OJK sebagai regulator di pasar modal akan senantiasa bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah dan stakeholder lainnya untuk jaga stabilitas dan volatilitas pasar modal Indonesia," jelasnya.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif