Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

Pembiayaan dan Aset Perbankan Berkelanjutan RI Tembus Rp809,65 Triliun

Antara • 18 Februari 2022 20:00
Jakarta: Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) mencatat data terakhir pembiayaan dan aset perbankan berkelanjutan di Indonesia mencapai Rp809,65 triliun atau sekitar USD55,9 miliar. Meski demikian, obligasi berkelanjutan global yang diterbitkan emiten Indonesia hanya berjumlah Rp31,6 triliun atau USD2,22 miliar..
 
Ketua Umum Perbanas Kartika Wirjoatmodjo mengatkan begitu pula dengan penerbitan obligasi hijau domestik yang hanya sedikit yaitu Rp500 miliar atau USD35,12 juta. Dirinya mengaku pihaknya ingin melihat lebih banyak perbankan melakukan penerbitan instrumen di masa depan.
 
"Untuk mencocokkan dan meningkatkan Environmental, Social & Governance (ESG), serta pembiayaan dan aset berkelanjutan di pasar Indonesia," ujar Kartika, dalam Side Event Presidensi G20 Indonesia, dilansir dari Antara, Jumat, 18 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mencapai tujuan tersebut, ia berpendapat lembaga keuangan perlu bekerja sama dengan pemerintah dan regulator. Pemerintah perlu memberikan pedoman dan insentif yang diperlukan untuk meningkatkan minat dan permintaan pembiayaan ESG.
 
Sementara regulator perlu menyediakan kerangka kerja dan mengedukasi platform pasar keuangan untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam ESG dan pembiayaan berkelanjutan.
 
Di sisi lain, pria yang akrab disapa Tiko tersebut menilai industri dan lembaga keuangan khususnya bank perlu membangun dan meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya dalam mengembangkan serta menawarkan instrumen dan layanan ESG yang berkelanjutan untuk memenuhi potensi permintaan.
 
"Semoga kedepannya perbankan dan lembaga keuangan Indonesia dapat lebih aktif dan produktif dalam pengembangan dan penawaran keberlanjutan instrumen dan produk, guna melayani sisi permintaan dan penawaran ESG serta pembiayaan berkelanjutan," tutupnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif