Suasana saat Bank DKI menerima Sertifikasi ISO 27001:2013. FOTO: Bank DKI
Suasana saat Bank DKI menerima Sertifikasi ISO 27001:2013. FOTO: Bank DKI

Bank DKI Perkuat Perlindungan Data dan Layanan Nasabah di Era Digital

Angga Bratadharma • 31 Agustus 2022 17:41
Jakarta: Bank DKI terus mengoptimalkan layanan digital di tengah sengitnya persaingan yang salah satunya dengan memaksimalkan keamanan data dan layanan nasabah. Upaya itu sejalan dengan arahan dari regulator jasa keuangan dan harapannya memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di era digitalisasi.
 
Adapun sebagai bagian dari komitmen peningkatan kualitas keamanan informasi, Bank DKI telah menerima Sertifikasi ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi Pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile dari TUV Rheinland Indonesia.
 
Acara penyerahan sertifikat itu dihadiri Kepala OJK Kantor Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Roberto Akyuwen dan Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko. Sertifikasi tersebut diserahkan Direktur TUV Rheinland Indonesia Edmundus Wiharyono kepada Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono.

Amirul mengatakan melalui sertifikasi ini Bank DKI meletakkan komitmen penting pemenuhan regulasi seperti Peraturan Bank Indonesia (PBI), Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), serta Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), mengingat bank sebagai industri strategis yang harus melindungi data dan layanan nasabah.
Baca: Harga BBM Segera Diputuskan, Menaker Masih Matangkan Penyaluran BSU ke 16 Juta Pekerja

"Terutama penerapan cyber security," kata Amirul, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 31 Agustus 2022.
 
Amirul menyampaikan ISO 27001 membantu Bank DKI dalam mengelola dan melakukan mitigasi risiko atau ancaman keamanan, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan nasabah dan mitra kerja untuk menggunakan produk dan layanan Bank DKI, khususnya pada produk perbankan digital seperti aplikasi JakOne Mobile.
 
ISO 27001 merupakan standar internasional mengenai keamanan informasi yang dapat membantu organisasi dalam membangun dan menerapkan sistem manajemen pengamanan informasi menyeluruh, mencakup aspek kebijakan & tata kelola, SDM, teknologi, dan keterlibatan manajemen.
 
Dalam proses meraih ISO 27001, Bank DKI mengawali dengan penetapan ruang lingkup terutama layanan digital JakOne Mobile dan data penting bagi bisnis Bank DKI yang harus dilindungi. Selanjutnya, dilakukan gap analysis untuk mendapatkan gambaran/potret kondisi keamanan informasi di Bank DKI dan melakukan perbandingan sesuai ketentuan standar ISO.
 
Sementara itu, Bank DKI terus meningkatkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi melalui pengembangan aplikasi New Jakone Mobile. Sampai kuartal II-2022, pengguna aplikasi JakOne Mobile mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi.
 
"Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile juga tumbuh 742 persen (yoy) menjadi Rp22,4 miliar dibandingkan dengan kuartal II-2021 sebesar Rp2,6 miliar," pungkasnya.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan