Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom/Eko
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom/Eko

Menkeu: Reformasi Pasar Modal Jadi Kunci Hadapi Guncangan

Antara • 10 Agustus 2022 16:38
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai perbaikan dan tata kelola pasar modal Indonesia merupakan kunci keberhasilan untuk menghadapi berbagai guncangan baik domestik maupun global.

Perkembangan pasar modal Indonesia telah teruji melalui berbagai peristiwa sejarah di dalam perekonomian Indonesia, mulai sejak zaman kolonial, selama perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta selama menghadapi krisis keuangan di Indonesia maupun krisis keuangan global.
 
"Guncangan-guncangan ini selalu memengaruhi sentimen pasar modal Indonesia, termasuk hari ini dengan adanya pandemi covid-19 dan perang yang terjadi di Ukraina. Tantangan tersebut tentu sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh pasar modal Indonesia," ujar Sri Mulyani melalui video dalam acara peringatan 45 tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia, dikutip Antara, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Baca juga: Mantap! Ekonomi RI Sudah Kembali Capai Level Pra-Covid

Dalam lima tahun terakhir, lanjut Sri Mulyani, pasar modal Indonesia tumbuh pesat dengan didorong oleh program reformasi yang ditetapkan dan juga otomatisasi proses bisnis, perlindungan investor, serta akselerasi pendalaman pasar.
 
"Ketika IHSG mengalami turbulensi ke titik terendah pada Maret 2020 di awal pandemi covid-19, pasar modal Indonesia mampu merespons dengan baik dengan dukungan kebijakan yang ditetapkan bersama-sama pemerintah, dengan SRO, dan stakeholder lainnya. Guncangan luar biasa dapat ditangani dengan baik," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menilai saat ini kinerja pasar modal sudah kembali pulih dan terus meningkatkan kepercayaan investor.
 
Hal tersebut terlihat dari jumlah investor yang lebih dari sembilan juta pada 28 Juni 2022. Menurutnya, jumlah itu mengindikasikan kepercayaan dan sekaligus tantangan bagi pasar modal Indonesia untuk menjaga kepercayaan para investor terutama investor skala kecil.
 
"Dengan volume lebih dari delapan kali lipat sejak 2017, ini juga merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa," ujar Sri Mulyani.
 
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, selama 45 tahun pasar modal Indonesia telah berkontribusi bagi perekonomian Indonesia yaitu menjadi sumber pembiayaan bagi korporasi-korporasi Indonesia, dan sumber investasi bagi masyarakat luas dan para investor, serta berpartisipasi besar dalam perkembangan dan kemajuan perekonomian Indonesia.
 
"Semoga pasar modal Indonesia terus maju berkembang dan semakin menjadikan pasar modal yang sehat, transparan, terpercaya, dan inovatif. Menjadi tempat sumber pembiayaan bagi korporasi dan investasi, bagi para investor di dalam dan luar negeri," ujar Perry.
 

 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif