Ilustrasi aksi buyback saham di Bursa Efek Indonesia - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi aksi buyback saham di Bursa Efek Indonesia - - Foto: MI/ Ramdani

BEI Catat Baru 8,8% Total Realisasi Buyback

Ekonomi bursa saham bei Buyback
Annisa ayu artanti • 16 Juni 2020 16:11
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatataksi pembelian kembali atau buyback saham baru terealisasi sekitar 8,8 persen atau senilai Rp1,72 triliun. Rencana buyback saham tersebut semestinya mencapai Rp19,6 triliun dari total 67 emiten.
 
Dari 67 emiten tersebut, sebanyak 12 emiten berasal dari perusahaan pelat merah atau entitas anak perusahaan BUMN, sisanya 55 emiten merupakan perusahaan swasta.
 
"Sejauh ini, sebesar 8,8 persen dari nilai rencana buyback kondisi lain telah dieksekusi oleh perusahaan tercatat," kata Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna di Jakarta, Selasa, 16 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nyoman menjelaskan masih tersisa dana yang siap digunakan pada window period buyback kondisi lain ini sebesar 91,2 persen. Aksi buyback saham pada kondisi lain merupakan aturan yang mengacu pada pada POJK 2 tahun 2013.
 
Buyback saham pada kondisi lain dilakukan di tengah pasar yang berfluktuasi untuk mengerek kembali posisi IHSG. Dari aturan tersebut aksi buyback saham hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu paling lama tiga bulan setelah keterbukaan informasi.
 
Berdasarkan hal tersebut, terdapat empat perusahaan tercatat yang telah selesai periode buyback-nya. Kemudian terdapat satu perusahaan tercatat yang telah menyampaikan keterbukaan informasi terkait rencana buyback dalam kondisi lain untuk memperpanjang periodebuyback.

 

(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif