Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto: dok Bank Indonesia.
Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto: dok Bank Indonesia.

BI: Demi Kesejahteraan, Pengendalian Inflasi Pangan Jadi Faktor Penting

Despian Nurhidayat • 14 September 2022 15:25
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pengendalian inflasi pangan dan harga yang diatur pemerintah menjadi penting agar Indonesia dapat menyejahterakan rakyat dan tidak menurunkan daya beli.
 
Maka dari itu, Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dapat menjadi sebuah langkah untuk dapat membuat inflasi terkendali.
 
"Kalau kita lihat di berbagai daerah, hampir semua daerah alami kenaikan inflasi pangan bergejolak dan kenaikan tarif angkutan. Ini yang kita harus kendalikan melalui GNPIP," ungkapnya dalam Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Pengendalian Inflasi Tahun 2022 secara virtual, Rabu, 14 September 2022.
 
Baca juga: Presiden: Segera Gunakan 2% Dana Transfer Daerah untuk Tahan Inflasi

 
Lebih lanjut, Perry menambahkan, 46 kantor perwakilan BI di daerah sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak dalam rangka menggelorakan GNPIP.
 
Beberapa hal yang sudah dilakukan di antaranya menggelar 179 pasar murah, 43 kerja sama antardaerah, menyalurkan lebih dari 900 ribu polybag, dan operasi pasar. Namun demikian, Perry menegaskan implementasi GNPIP ini belum merata di seluruh daerah.
 
"Dibutuhkan kejelasan penggunaan anggaran daerah sebesar dua persen untuk membantu angkutan, bantuan sosial dan lainnya. Karena berbagai daerah perlu didampingi aparat penegak hukum supaya ini betul-betul mereka merasa tenang untuk menyalurkan dan kemudian tidak ragu-ragu," pungkas Perry.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif