Ilustrasi Himbara salurkan kredit dari dana pemerintah - - Foto: Medcom
Ilustrasi Himbara salurkan kredit dari dana pemerintah - - Foto: Medcom

Perbankan Kucurkan Kredit Rp36 Triliun dari Dana Pemerintah

Ekonomi Kredit Himbara
Antara • 24 Juli 2020 12:58
Jakarta: Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi kredit modal kerja yang dikucurkan empat bank BUMN baru mencapai Rp36 triliun. Kredit tersebut berasal dari dana yang ditempatkan pemerintah di Himbara.
 
“Mudah-mudahan terus tercipta kredit modal kerja baru dan aktivitas ekonomi bisa berkelanjutan dan terutama tenaga kerja bisa bekerja lagi,” kata Kepala BKF Kemenkeu Febrio Kacaribu dikutip dariAntara, Jumat, 24 Juli 2020.
 
Menurutnya kucuran kredit modal kerja tersebut menjadi salah satu program yang berjalan efektif dalam skema Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya pemerintah menempatkan dana sebesar Rp30 triliun pada tahap pertama di empat bank Himbara dalam jangka waktu tiga bulan hingga September 2020. Empat bank BUMN itu berkomitmen menyalurkan kredit tiga kali lipat dari penempatan dana atau sekitar Rp90 triliun.
 
“Persis hari ini satu bulan berjalan, ini sudah satu kali pengalinya. Jadi ini memang sudahon track,” ungkap dia.
 
Ketua Himbara Sunarso mengungkapkan bank-bank pelat merah optimistis kucuran dana pemerintah itu bisa diserap sektor riil seiring pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.
 
Adapun Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN ini mengincar penyaluran kredit di sektor pertanian atau pangan, transportasi, pariwisata hingga konstruksi.
 
"Masing-masing bank mendapatkan porsi berbeda sesuai segmentasi pasar yakni BRI dan Bank Mandiri masing-masing mendapatkan Rp10 triliun, dan BNI dan BTN masing-masing mendapatkan Rp5 triliun," ungkap Sunarso.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif