Kesadaran finansial kini diakui sebagai salah satu fondasi utama bagi generasi muda untuk menghadapi masa depan yang berdaya,. Foto: Medcom.id.
Kesadaran finansial kini diakui sebagai salah satu fondasi utama bagi generasi muda untuk menghadapi masa depan yang berdaya,. Foto: Medcom.id.

Kesadaran Finansial Generasi Muda jadi Fondasi Masa Depan

Arif Wicaksono • 14 Oktober 2025 20:07
Jakarta: Di era serba digital dan dinamis, kemampuan memahami serta mengelola keuangan menjadi keterampilan hidup yang tak kalah penting dari kemampuan akademik. 
 
Kesadaran finansial kini diakui sebagai salah satu fondasi utama bagi generasi muda untuk menghadapi masa depan yang berdaya, mandiri, dan siap beradaptasi terhadap tantangan ekonomi.
 
Baca juga: Literasi Keuangan Jadi Bekal untuk Anak Indonesia Mencapai Indonesia Emas 2045

Untuk menumbuhkan kesadaran tersebut, PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan JA SparktheDream Social Challenge di kantor pusat FWD Insurance Jakarta pada 1 Oktober 2025 lalu.
 
Kompetisi ini menjadi bagian dari perayaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2025, sekaligus wadah bagi generasi muda untuk menerjemahkan literasi keuangan ke dalam aksi sosial yang nyata.

“Bulan Inklusi Keuangan bukan hanya ajang sosialisasi, tetapi momentum penting untuk memperkuat keterlibatan generasi muda agar lebih melek finansial,” ujar Analis Divisi Perencanaan, Pengembangan, Evaluasi Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anugrah Sutejo dikutip Selasa, 14 Oktober 2025. 
 
Ia mengapresiasi konsistensi FWD Insurance dan PJI yang selama tiga tahun berturut-turut menjalankan JA SparktheDream sebagai program pembelajaran finansial yang kreatif dan aplikatif, sejalan dengan upaya OJK memperkuat kecakapan finansial sejak dini.
 
Program JA SparktheDream telah berjalan sepanjang Februari hingga November 2025, melibatkan lebih dari 2.200 siswa, 11 guru, dan 11 sekolah di berbagai kota seperti Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Surabaya, hingga Denpasar. 
 
Didukung oleh 98 relawan karyawan FWD Insurance, para siswa dibekali keterampilan dasar pengelolaan uang, perencanaan keuangan, hingga pengambilan keputusan finansial melalui kelas tatap muka, pembelajaran daring interaktif, dan kegiatan keluarga.
 
Menurut Chief Human Resources & Marketing Officer FWD Insurance Rudy F. Manik kesadaran finansial bukan sekadar kemampuan menghitung uang, tetapi bekal hidup yang menentukan arah masa depan.
 
“Kesadaran finansial adalah fondasi bagi generasi yang berdaya generasi yang bisa mengambil keputusan bijak, berani berinovasi, dan siap menghadapi masa depan.” tegas dia. 
 
Berbeda dari kegiatan belajar di kelas, Social Challenge menjadi ajang penerapan langsung ilmu yang sudah diperoleh siswa. Mereka ditantang untuk mengidentifikasi masalah sosial di lingkungan sekitar dan menawarkan solusi berbasis literasi keuangan.
 
Sebelum berkompetisi, peserta mengikuti bootcamp daring “Spark Your Pitch” yang membekali mereka dengan kemampuan menyusun ide, membangun narasi persuasif, dan presentasi percaya diri, dengan bimbingan langsung dari relawan FWD Insurance.
 
Ketua Dewan Pengurus PJI, Pribadi Setiyanto, menjelaskan bahwa Social Challenge mengubah literasi keuangan menjadi sesuatu yang nyata dan relevan. Cara ini mengubah siswa belajar bahwa keputusan finansial yang tepat dapat menjadi kunci untuk menghadapi tantangan sosial. 
 
“Lebih dari sekadar memahami uang, mereka belajar berpikir kritis, berempati, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar,” tuturnya.

Ide Inovatif 

Ajang ini melahirkan berbagai ide inovatif yang menggambarkan kreativitas generasi muda dalam menghadirkan pembelajaran finansial yang menyenangkan mulai dari board game edukatif, e-book dan komik digital, hingga aplikasi pengelolaan keuangan dengan karakter virtual. 
 
Ada pula konsep berbasis komunitas seperti kartu uang elektronik untuk bank sampah sekolah, buku catatan keuangan interaktif dengan dukungan situs web edukatif, hingga aplikasi sahabat finansial yang mendorong anak menabung bersama teman.
 
Kreasi tersebut menjadi bukti bahwa literasi keuangan dapat diajarkan secara menyenangkan, relevan, dan berdampak sosial. Lebih dari sekadar kompetisi, program ini menunjukkan bahwa kesadaran finansial bukan hanya urusan angka, tetapi tentang membentuk cara berpikir bagaimana generasi muda memahami nilai uang, tanggung jawab, dan kemandirian.
 
Melalui inisiatif ini, FWD Insurance menegaskan komitmennya untuk memberdayakan generasi muda Indonesia agar tumbuh dengan kecerdasan finansial, sejalan dengan visinya untuk “Celebrate Living”  membantu setiap individu menjalani hidup dengan berani dan penuh makna.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan