Digital. Foto : Medcom.id.
Digital. Foto : Medcom.id.

Industri Asuransi Beradaptasi Digital

Ekonomi asuransi industri digital pandemi covid-19
Arif Wicaksono • 23 November 2020 15:35
Jakarta: Pandemi covid-19 telah mendorong industri asuransi untuk melakukan digitalisasi di berbagai aspek operasionalnya, mulai dari manajemen bisnis hingga lini terdepan yang berhubungan dengan nasabah.
 
Dengan meningkatnya permintaan terhadap perlindungan asuransi di masa pandemi, transformasi digital pun menjadi tantangan bagi bisnis yang mengandalkan pendekatan personal dan rasa percaya (trust).
 
Menurut Chubb Life Indonesia, perpaduan antara human touch (sentuhan manusia) dan teknologi digital merupakan rumus kunci untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah di tengah masa yang menantang ini dan seterusnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Direktur Chubb Life Indonesia Kumaran Chinan mengatakan pendekatan personal dan rasa percaya akan selalu menjadi aspek vital bagi nasabah, terlepas dari situasi saat ini yang memaksa kita semua untuk membatasi interaksi langsung.
 
"Kita membutuhkan solusi yang tetap dapat mempertahankan human touch meski ketika kita diharuskan untuk membatasi interaksi secara langsung. Kami menemukan perpaduan yang seimbang antara human touch dan teknologi digital, sehingga kami bisa terus memberikan pelayanan yang unggul bagi para nasabah kami dan memenuhi kebutuhan mereka yang juga ikut berubah," kata dia dalam keterangan resminya, Senin, 23 November 2020.
 
Salah satu inovasi digital yang dilakukan oleh Chubb Life Indonesia adalah pengoptimalan platform online Customer Corner untuk berinteraksi dengan nasabah. Platform tersebut menyediakan sistem pengajuan klaim online (e-claim) yang membuat proses klaim menjadi virtual, lebih cepat, dan lebih mudah.
 
Saat ini, klaim yang memenuhi syarat, bernilai di bawah USD200 (atau sekitar Rp2,8 juta), dan diajukan secara digital melalui Chubb Life Customer Corner akan disetujui pada hari yang sama ketika klaim tersebut diajukan. Meskipun teknologi digital tidak akan menggantikan human touch, terutama ketika nasabah tengah mengalami masa sulit dalam hidupnya, proses klaim yang cepat diharapkan dapat memberikan ketenangan pikiran (peace of mind).
 
Chubb Life Indonesia menerapkan pendekatan komunikasi omnichannel atau terintegrasi guna memastikan bahwa nasabah dapat menjangkau layanan Chubb Life dengan mudah dan berinteraksi dengan tim Chubb Life melalui platform seperti digital dan sosial media seperti WhatsApp, komunikasi virtual yang sudah umum digunakan masyarakat luas.
 
Dengan mendorong nasabah untuk memanfaatkan platform ini, Chubb Life mampu menghadirkan interaksi langsung dan pendekatan yang tetap personal dengan mudah dan efisien.
 
Head of Life Operations Chubb Life Indonesia Emira Oepangat juga menambahkan dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menghargai pentingnya perlindungan asuransi jangka panjang dan menginginkan keamanan finansial, Chubb Life Indonesia terus memprioritaskan kebutuhan, kenyamanan, dan keamanan nasabah, serta menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi nasabah.  

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif