Amar Bank mencatatkan pertumbuhan dan kinerja yang positif pada kuartal pertama 2023, terlihat dari peningkatan YoY sebesar 16,49 persen atau setara dengan Rp40,1 miliar. Angka ini mencapai Rp283,7 miliar dibandingkan Rp243,6 miliar pada periode yang sama di 2022.
"Pada kuartal pertama 2023, penyaluran kredit aktif meningkat menjadi sekitar Rp682 miliar, meliputi Partnership dan SME & Commercial," ungkap Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Juni 2023.
Dia menjelaskan, hingga kuartal pertama 2023, total penyaluran dana Tunaiku sebagai platform pinjaman digital unggulan dari Amar Bank mengalami peningkatan dari Rp463 miliar ke Rp474 miliar.
Sementara itu, dalam 12 bulan terakhir, aplikasi perbankan digital Amar Bank mengalami peningkatan pengunduh hingga lebih dari 200 persen dan peningkatan nasabah lebih dari 370 persen.
Kenaikan signifikan juga terlihat pada dana tersimpan yang melonjak hingga lebih dari 350 persen. Ke depannya, Amar Bank akan terus berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan digital guna memberdayakan individu dan UMKM, terutama mereka yang underserved, melalui kesehatan finansial dan inklusi keuangan yang berdampak.
Baca juga: Laba Amar Bank Diproyeksi Tumbuh Rata-rata 45,7% per Tahun hingga 2025 |
Strategi baru Amar Bank
Di sisi lain, Amar Bank memaparkan strategi baru yang mencakup kerja sama dalam embedded banking dan financing. Melalui kerja sama ini, Amar Bank berencana berkolaborasi dengan pihak ketiga guna mempermudah akses ke produk dan layanan keuangan digital dengan melekatkan layanan tersebut ke dalam aplikasi mitra.
"Amar merupakan salah satu bank yang secara teknologi paling maju di Indonesia. Kami telah menjadi pelopor dalam pinjaman digital melalui Tunaiku, dan juga dalam digital banking," tambah Vishal Tulsian.
Selanjutnya, kata dia, perseroan menawarkan kolaborasi embedded banking dan financing yang bersifat plug-and-play untuk pemain nonbank, yang memungkinkan mitra dapat menyediakan layanan perbankan kepada konsumen seperti pembayaran, pengajuan pinjaman atau account checking, di dalam aplikasinya.
"Mereka tidak memerlukan lisensi perbankan untuk menyediakan layanan ini, karena mereka dapat menggunakan teknologi kami yang canggih untuk menyediakan produk ini dengan sesederhana plug-and-play," jelasnya.
Kolaborasi ini menyasar untuk melayani beragam industri, termasuk P2P, agrikultur, logistik, e-commerce, dan lainnya. Beberapa produk dan layanan keuangan yang ditawarkan mencakup built-in banking features, configurable properties, banking standard security, dan pre-approved credit limit for platform users.
Amar Bank juga mendorong pertumbuhan inklusif, tidak hanya terfokus pada bisnis, tetapi juga meningkatkan kehidupan masyarakat baik individu maupun UMKM, khususnya mereka yang underserved.
Berikut empat pilar strategi Amar Bank:
- Melayani individu dan usaha mikro melalui Tunaiku.
- Business banking, Amar Bank melayani bisnis korporasi dan komersial.
- Melayani bisnis digital mulai dari individu dan usaha mikro hingga usaha kecil.
- Kolaborasi embedded banking dan financing yang baru ini.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id