Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga

Pandemi Berlangsung Lama, Tantangan di Sektor Keuangan Makin Besar

Ekonomi Sri Mulyani jasa keuangan
Eko Nordiansyah • 16 September 2020 16:40
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, pandemi covid-19 yang berlangsung lama akan memberi dampak serius terhadap perekonomian, terutama sektor keuangan. Pasalnya, masalah yang dihadapi oleh dunia usaha maupun masyarakat akan berdampak pula di industri keuangan.
 
Ia menyebutkan, pandemi covid-19 yang telah berlangsung selama tujuh bulan dan masih belum belum jelas kapan akan berakhir memberikan tantangan yang luar biasa. Di industri keuangan hal ini bisa menyebabkan kredit bermasalah (non performing loan/NPL).
 
"Sektor-sektor korporasi maupun sektor-sektor individual tidak bisa lagi membayar pajak, tidak bisa membayar cicilan, maka sektor keuangan akan menjadi tantangan yang makin besar. Apakah itu bank maupun lembaga keuangan bukan bank," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itu, dalam merespon pandemi ini pemerintah membuat kebijakan yang komprehensif. Hal ini dibuktikan dengan penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang sudah disahkan oleh DPR menjadi Undang-Undang (UU).
 
UU yang dimaksud yaitu UU Nomor 2 Tahun 2020 adalah tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan/atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.
 
"Makanya di dalam UU ini kita memfokuskan kepada penanganan kesehatan dan ada yang disebut langkah-langkah pemulihan ekonomi, langkah-langkah dalam penanganan covid dan pemulihan ekonomi dikategorikan menjadi beberapa kelompok atau klaster," jelas dia.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif