Ilustrasi logo Bank Indonesia - - Foto: MI/ Susanto
Ilustrasi logo Bank Indonesia - - Foto: MI/ Susanto

BI Dukung Penguatan Peran UMKM Pangan untuk Jaga Stabilitas Harga

Ekonomi pangan Harga Sembako Bank Indonesia hari ibu UMKM
Eko Nordiansyah • 25 Agustus 2021 13:01
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai penguatan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan bisa ditingkatkan. Apalagi saat ini stabilitas harga khususnya harga pangan bisa menjadi momentum untuk mendorong penguatan UMKM pangan.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan upaya penguatan peran UMKM pangan dalam ekosistem ekonomi secara terintegrasi disertai adaptasi penggunaan teknologi digital perlu diperluas, termasuk memperluas akses pasar bagi UMKM pangan.

 
"Kami di BI berkomitmen penuh untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Seluruh kebijakan BI kami arahkan untuk pertumbuhan, pro growth," kata dia dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2021, Rabu, 25 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, BI melalui 46 kantor perwakilan di seluruh daerah ikut mendorong transformasi UMKM, termasuk UMKM pangan. Upaya ini dilakukan melalui klasterisasi untuk memperkuat skala ekonomi, serta peningkatan kapasitas produksi, keuangan dan pemasaran.
 
"Perluasan akses pembiayaan bersama Ketua OJK, digitalisasi sistem pembayaran agar UMKM dapat masuk ke ekosistem ekonomi keuangan digital nasional, dukungan penuh gerakan Bangga Buatan Indonesia, bahkan promosi ekspor UMKM ke berbagai negara," lanjut dia.
 
Perry meyakini berbagai upaya untuk transformasi UMKM ini akan semakin meningkatkan perannya dalam mata rantai pasok lokal, nasional, maupun global. BI akan terus berkolaborasi dengan pemerintah pusat, daerah, serta mitra strategis lainnya.
 
"Terus bersinergi mengembangkan model bisnis secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, membuka peluang bagi UMKM menembus dan memperluas pasar ekspor termasuk mendorong peran aggregator ekspor yang telah memanfaatkan platform digital sebagai penghubung dengan pasar internasional," pungkasnya.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif