Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

7 Tips Perencanaan Keuangan bagi Keluarga Berpenghasilan Bersih Rp5 Juta

Ekonomi Virus Korona tips keuangan tips berinvestasi
Angga Bratadharma • 04 November 2020 09:41
Jakarta: Tidak ada yang tidak mungkin untuk terjadi di dunia ini, termasuk hidup mapan dan berkecukupan meski penghasilan bersih bulanan hanya Rp5 juta. Meski demikian, harus ada yang dipersiapkan demi meraih kemapanan tersebut.
 
Sejatinya, Rp5 juta per bulan adalah penghasilan yang lebih tinggi dari Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta. Sebagian mungkin tahu bahwa UMP DKI Jakarta pada 2020 adalah Rp4,29 juta. Meski ada peluang UMP naik menjadi Rp 4,4 juta di 2021, namun hanya bagi para pekerja yang bekerja pada perusahaan terdampak covid-19.
 
Bagi seorang yang memiliki tanggungan dan hidup di Jakarta, besaran Rp5 juta sebulan kerap kali dianggap pas-pasan. Namun bukan berarti seorang dengan gaji Rp5 juta sama sekali tidak bisa memenuhi tujuan di masa depan, dan tidak berarti harus hidup dengan utang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip Lifepal, Rabu, 4 November 2020, berikut tips perencanaan keuangan bagi kepala keluarga dengan penghasilan tunggal Rp5 juta per bulan, dengan satu istri tanpa anak. Pertama, gunakan sistem zero budgeting untuk mengatur pengeluaran bulanan dan tahunan.
 
Tidak dipungkiri besarnya pengeluaran akan menentukan segalanya, mulai dari standar hidup saat ini, perkiraan hidup di masa tua, hingga besarnya uang pertanggungan asuransi yang kita butuhkan. Catatlah pengeluaran sedetail mungkin. Gunakanlah metode zero budgeting.
 
Cara mengatur keuangan dengan sistem zero budgeting memang terdengar cukup aneh. Intinya, ketika menerima gaji bulanan, harus langsung menghabiskannya. Langkahnya yakni jumlahkan pengeluaran rutin setiap bulan. Pengeluaran terbagi menjadi dua yaitu pengeluaran tetap dan variabel (tidak tetap).
 
Setelah semuanya dijumlahkan, hitung nilai arus kas bersih dari selisih total pendapatan dan pengeluaran. Jika ada sisanya, segera habiskan saat itu juga dengan mengalokasikannya ke tabungan atau investasi, tidak ke hiburan atau hal yang bersifat konsumtif.
 
Kedua, tidak perlu menambah utang yang bersifat konsumtif. Utang konsumtif hanya akan menambah pengeluaran pasif dan mengurangi jumlah kekayaan bersih. Tidak ada salahnya untuk berutang, asalkan utang yang dimiliki adalah utang produktif. Beberapa contoh utang produktif adalah utang pembelian aset yang tak mengalami depresiasi harga seperti rumah.
 
Ketiga, tambah penghasilan bulanan. Patut diketahui, jika merasa sulit mengerem pengeluaran maka ada baiknya untuk menambah penghasilan agar potensi surplus nilai kas bersih menjadi lebih tinggi. Ada cara menambah penghasilan bulanan yang harus diketahui yang salah satunya dengan cara pasif yaitu berinvestasi.
 
Keempat, pastikan besaran tabungan dan investasi minimal 10 persen dari pemasukan. Nilai rasio menabung yang ideal dalam perencanaan keuangan adalah 10 persen dari total pemasukan bulanan. Bila pemasukan adalah Rp5 juta, maka usahakan agar besaran tabungan minimal Rp500 ribu. Lebih dari itu tentu akan sangat baik.
 
Kelima, hitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi Jiwa. Bila sudah memiliki BPJS atau asuransi kesehatan dari perusahaan tempat bekerja, maka milikilah asuransi jiwa untuk memitigasi risiko hilangnya penghasilan bulanan karena ketidakmampuan tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah.
 
Keenam, penuhi kebutuhan jangka pendek dan panjang dengan gunakan prioritas. Cari tahu dan buatlah daftar tujuan-tujuan jangka pendek beserta dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan tujuan itu. Jangan lupa pula untuk mencantumkan jangka waktu untuk merealisasikan tujuan tersebut.
 
Ketujuh, lakukan pemeriksaan kesehatan finansial secara rutin. Memeriksa kesehatan keuangan sama halnya dengan memeriksa kesehatan tubuh kita. Hal itu juga bukan merupakan hal yang sulit dilakukan. Ada beberapa rasio-rasio yang bisa digunakan untuk mengukur kesehatan seseorang atau keluarga. 
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif