Manajemen Garudafood Direktur Utama Garudafood Hardianto Atmadja, Direktur Garudafood Paulus Tedjosutikno, dan Direktur Utama PT Sinarniaga Sejahtera Ruli Tobing, turun langsung menyapa pelanggan. Foto: dok GarudaFood.
Manajemen Garudafood Direktur Utama Garudafood Hardianto Atmadja, Direktur Garudafood Paulus Tedjosutikno, dan Direktur Utama PT Sinarniaga Sejahtera Ruli Tobing, turun langsung menyapa pelanggan. Foto: dok GarudaFood.

Garudafood Cetak Laba Bersih Rp355,3 Miliar di Kuartal III-2023

Ade Hapsari Lestarini • 11 November 2023 18:17
Jakarta: PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) meraup laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp355,31 miliar hingga akhir kuartal III-2023.
 
Perseroan mencatat angka ini tumbuh 27,65 persen secara year on year (YoY) dibandingkan laba bersih perusahaan per kuartal III-2022 senilai Rp278,34 miliar.
 
"Garudafood mencetak penjualan bersih senilai Rp7,84 triliun, lebih tinggi 0,26 persen YoY dibandingkan penjualan bersih GOOD per kuartal III-2022 senilai Rp7,82 triliun," ujar Direktur Utama Garudafood Hardianto Atmadja, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 11 November 2023.

Di sisi lain, Hardianto mengatakan keragaman budaya Indonesia melahirkan berbagai macam jenis kuliner dan camilan lokal. Setiap daerah di Indonesia memiliki camilan khas yang terbuat dari hasil pertanian maupun perkebunan di daerah tersebut, salah satunya adalah umbi-umbian seperti singkong.
 
Singkong sebagai camilan favorit masyarakat Indonesia tidak perlu diragukan lagi, mulai dari singkong goreng, getuk, hingga camilan jaman dulu (jadul) seperti slondok. Secara umum, slondok merupakan keripik gurih yang terbuat dari singkong yang digiling. Meskipun tergolong camilan jadul, Slondok masih populer khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.
 

Peluang usaha


Melihat peluang tersebut, Garudafood di pengujung 2023 meluncurkan Garuda Slondok yang merupakan diversifikasi di kategori non-peanut snack. Garuda Slondok terinspirasi dari camilan tradisional Indonesia yang sarat dengan kearifan lokal, namun dikemas dengan sentuhan inovasi modern dalam hal bentuk, rasa, kemasan, dan kenyamanan konsumen.
 
Dalam hal suplai bahan baku, Garudafood bekerja sama dengan UMKM lokal, sesuai dengan misi Garudafood untuk tumbuh kembang bersama dengan para stakeholders melalui produk Garuda Slondok. Garudafood berharap dapat me-nasional-kan sekaligus mengembangkan pangsa pasar Slondok di Indonesia.
 
"Kami sangat antusias untuk memperkenalkan Garuda Slondok ke masyarakat Indonesia. Produk ini adalah hasil dedikasi kami untuk melestarikan dan menghidupkan kembali camilan tradisional yang sarat dengan kearifan lokal namun dikemas dengan lebih modern. Kami juga terinspirasi dari warisan kuliner Indonesia yang mengalami evolusi mengikuti perkembangan zaman baik dari segi bentuk dan rasa," ujar Hardianto.
 
 
Baca juga: Bisnis Berkelanjutan Garudafood, Mengembangkan Green Initiatives

 
Garuda Slondok hadir dengan sentuhan inovasi modern dalam tampilan, kemasan dan kenyamanan konsumen serta tersedia dalam dua varian rasa yaitu Kaldu Ayam khas Jawa Timur serta Balado khas Sumatra Barat yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi konsumen.
 
Dengan cita rasa savoury atau gurih dan bentuknya yang unik, produk ini telah mengubah persepsi pelanggan terhadap merek Garuda yang semula kategori produk kacang menjadi kategori produk makanan ringan dengan berbagai macam varian yang disesuaikan dengan karakteristik dan cita rasa masyarakat Indonesia.
 
Kegiatan Spreading Day dilaksanakan secara rutin oleh Garudafood untuk mendapatkan masukan dan umpan balik dari pelanggan secara langsung, sehingga ke depannya bisa menjadi insight dan motivasi untuk menjaga kualitas produk dan layanan.
 
Sebagai upaya dalam menjangkau dan menjaga loyalitas pelanggan, Garudafood juga melakukan inovasi untuk mempermudah pelanggan memberikan masukan dan umpan balik melalui asisten virtual "Putri" yang dapat diakses selama 24 jam.
 
Asisten virtual "Putri" ini merupakan asisten pribadi cerdas berbasis Natural Language Understanding (NLU) yang dapat diakses secara daring melalui website garudafood, seluruh media sosial brand Garudafood (Garudafood, Garuda, Gery, Chocolatos, Clevo, Prochiz), dan WhatsApp Garudafood.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan