Ilustrasi pengiriman uang. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi pengiriman uang. Foto: Shutterstock.

Apa Untungnya Konektivitas Pembayaran Lintas Negara?

Husen Miftahudin • 11 Januari 2023 09:59
Jakarta: Indonesia telah menyepakati dan mengimplementasikan konektivitas pembayaran lintas negara, baik dengan negara-negara di kawasan ASEAN maupun dengan negara di luar kawasan. Konektivitas pembayaran lintas negara ini dinilai semakin memudahkan aktivitas di sektor perekonomian.
 
Maklum saja, pengiriman uang antarnegara atau transaksi remitansi tanpa terkoneksinya pembayaran lintas negara kerap melalui proses yang panjang. Selain biaya yang tinggi dan cenderung lambat, juga akses yang terbatas seringkali menjadi hambatan.
 
"Oleh karenanya, untuk mengatasi tantangan ini diperlukan konektivitas pembayaran yang lebih efisien, dengan biaya yang lebih murah," ucap Bank Indonesia melalui unggahan di saluran resmi Instagram @bank_indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dijelaskan lebih lanjut, pembayaran lintas batas, remitansi, hingga remitansi akan semakin mudah dan efisien di kawasan ASEAN. Jadi, selain mewujudkan pembayaran lintas batas yang lebih cepat, mudah, murah, transparan, dan inklusif, konektivitas pembayaran antarnegara juga diharapkan dapat mendorong penggunaan mata uang lokal, serta dapat digunakan dalam transaksi ritel maupun wholesale.
 
Adapun, cakupan implementasi kerja sama konektivitas pembayaran kawasan mendukung dan memfasilitasi transaksi perdagangan, investasi, pendalaman pasar keuangan, remitansi, pariwisata, serta aktivitas ekonomi lintas batas lainnya.
 
"Kerja sama konektivitas pembayaran kawasan meliputi beberapa skema konektivitas sistem pembayaran, termasuk QR code dan fast payment."
 
Baca juga: 3 Negara Favorit Pengiriman Uang Lewat Aplikasi Remitansi

 
Kerja sama konektivitas pembayaran kawasan
 
Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT) sepakat untuk memperkuat dan meningkatkan kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan.
 
Bahkan, saat ini Bank Indonesia juga telah menyepakati kerja sama dengan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang terkait pembayaran berbasis QR code.
 
Menurut Bank Indonesia, kerja sama ini menjadi wujud nyata implementasi dari G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments, sejalan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN and co-Chairmanship Jepang pada ASEAN+3 di 2023.
 
Manfaat konektivitas pembayaran di kawasan
 
Kerja sama konektivitas pembayaran kawasan tersebut diharapkan dapat:
 
1. Mendorong percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi dan mendukung pertumbuhan yang lebih inklusif.
2. Mendukung kemajuan digitalisasi dan integrasi keuangan yang bermanfaat bagi pembangunan ekonomi di kawasan.
3. Mendukung aktivitas perekonomian dan stabilitas makroekonomi.
4. Membuka jalan bagi transformasi digital ASEAN.
 
"Ke depan, Bank Indonesia terus berupaya menginisiasi, memperkuat, dan memperluas kerja sama dengan berbagai mitra strategis internasional, dengan bank sentral, dan otoritas mitra internasional untuk menciptakan sistem pembayaran lintas batas yang lebih murah, cepat, inklusif, dan transparan."
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif