Ilustrasi peragaan fesyen muslim - - Foto: APF/ Adek Berry
Ilustrasi peragaan fesyen muslim - - Foto: APF/ Adek Berry

BI Ramal Konsumsi Fesyen Muslim Dunia Naik Jadi USD311 Miliar

Husen Miftahudin • 08 Oktober 2021 14:04
Jakarta: Bank Indonesia (BI) meramal pertumbuhan konsumsi fesyen muslim global akan meningkat menjadi USD311 miliar pada 2024. Sebelumnya produk fesyen muslim tumbuh sebesar USD277 miliar di 2019.
 
"Untuk Indonesia, pengeluaran untuk sektor fesyen muslim pada 2019 mencapai USD16 miliar dan termasuk lima besar negara yang dengan pengeluaran tertinggi setelah Iran, Turki, Arab Saudi, dan Pakistan," ujar Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Bambang Himawan dalam Konferensi Pers Kick Off Online Exhibition ISEF 2021 secara daring, Jumat, 8 Oktober 2021.
 
Dalam upaya mendorong pengembangan produk halal Indonesia seperti fesyen muslim, BI bekerja sama dengan berbagai mitra strategis melalui berbagai platform e-commerce untuk menyelenggarakan pameran, yang juga sebagai bagian dari kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021.

Bambang menyebutkan sektor fesyen muslim yang menjadi unggulan dalam industri halal Indonesia berhasil menempati peringkat ketiga dunia pada triwulan II-2021.
 
"Perkembangannya yang pesat memperlihatkan urgensi pengembangan industri halal dalam bingkai ekonomi dan keuangan syariah yang komprehensif untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," terang dia.
 
Selaras dengan itu, BI berkomitmen untuk ikut dalam mengembangkan sektor industri halal yang dilakukan menggunakan pendekatan ekosistem halal value chain.

5 sektor pengembangan industri halal RI

  1. Pertanian terintegrasi
  2. Makanan halal
  3. Fesyen muslim
  4. Pariwisata halal
  5. Energi terbarukan
Dari lima sektor tersebut, makanan halal dan fesyen muslim, kata dia, dapat menjadi sektor unggulan yang dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.
 
Ia berharap sektor fesyen muslim di Tanah Air bisa dikembangkan untuk menembus pasar global. Bank sentral pun membuka Program Industri Kreatif Syariah Indonesia atau IKRA, di mana organisasi tersebut pada triwulan II-2021 telah memiliki anggota sebanyak 505 usaha di seluruh Indonesia dengan keanggotaan yang terdiri dari UMKM di sektor makanan halal dan fesyen muslim.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(Des)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan