Bank Indonesia. Foto : MI/Susanto.
Bank Indonesia. Foto : MI/Susanto.

BI Diprediksi Kerek Level Suku Bunga di September 2022

Annisa ayu artanti • 21 Juli 2022 15:53
Jakarta: Bank Indonesia (BI) diprediksi baru akan menaikkan suku bunga acuan pada September 2022 mendatang, itu pun jika inflasi Indonesia tidak terjaga. Hal itu dikatakan Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi saat ini.
 
"Kemungkinan itu di September baru akan menaikkan suku bunga, itu pun juga setelah melihat inflasi di kuartal ketiga," katanya, Kamis, 21 Juli 2022.
 
Menurutnya, jika pada kuartal ketiga tahun ini inflasi nasional mengalami kenaikan maka saat ini baru Bank Indonesia baru akan mengubah level suku bunga. "Kalau seandainya (inflasi) mengalami kenaikan yang cukup signifikan itu baru akan menaikkan suku bunga," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Ekonom Senior Mirae Asset Sekuritas Rully Wisnubroto juga sudah memperkirakan BI baru akan menaikkan suku bunga acuan dua kali di semester II-2022, masing-masing 25 basis poin (bps).
 
"Bank Indonesia diperkirakan meningkatkan suku bunga di September dan Desember masing-masing sebanyak 25 bps sehingga BI 7 Day Reverse Repo Rate akan berada di posisi empat persen pada akhir 2022," kata Rully beberapa waktu lalu.
 
Baca juga: Kondisi Ekonomi RI Berbeda, Keputusan BI Mempertahankan Suku Bunga Dinilai Tepat

 
Pada konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) hari ini, Gubernur BI Perry Warjiyo juga telah menjelaskan, alasan tetap mempertahankan level suku bunga acuan di 3,5 persen lantaran saat ini inflasi di Indonesia relatif terkendali meski mengalami kenaikan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga tetap melanjutkan tren pemulihan.
 
"Keputusan suku bunga BI rate didasarkan pada perkiraan inflasi ke depan, khususnya inflasi inti dan tentu saja implikasinya pertimbangannya juga pada pertumbuhan ekonomi," kata Perry.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif