IHSG. Foto : MI.
IHSG. Foto : MI.

Gerak IHSG Terhambat Minimnya Sentimen Domestik dan Global

Annisa ayu artanti • 12 Juli 2022 09:19
Jakarta: Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper menyatakan minimnya sentimen positif dari internal dan eksternal pada hari ini akan menghambat gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
 
"IHSG diprediksi melemah. Pergerakan masih minim akan sentimen," kata Dennies dalam risetnya, Selasa, 12 Juli 2022.
 
Pergerakan IHSG saat ini bergantung pada sikap investor terhadap kondisi terkini pasar modal. Menurutnya, investor terlihat cenderung lebih wait and see menantikan kebijakan suku bunga di akhir bulan ini.
 
baca juga: Kekhawatiran Inflasi Mereda, IHSG Berpeluang Menguat di Awal Pekan

"Investor juga akan cenderung wait and see menantikan kebijakan suku bunga akhir bulan Juli ini," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, secara teknikal MACD masih bergerak di tren distribusi dengan stochastic kembali membentuk dead cross mengindikasikan potensi pelemahan. IHSG bakal bergerak pada rentang support 6.662-6.701 dan resistance 6.767-6.794.
 
Sedangkan dari sisi eksternal, pergerakan melemahnya indeks juga tidak terlepas dari gerak bursa saham global, seperti bursa saham Amerika Serikat. Tercatat, indeks Dow Jones ditutup melemah 0,52 persen, Nasdaq ditutup terkontraksi 2,26 persen, dan S&P 500 ditutup terkontraksi 1,15 persen.
 
"Wall Street ditutup melemah karena kurangnya sentimen positif yang membuat pelaku pasar dengan hati-hati memulai back-end mingguan yang sarat dengan data penting seperti inflasi dan awal dari musim laporan kinerja kuartal II-2022," jelasnya.
 
Dalam minggu ini, investor akan menunggu sejumlah data ekonomi, termasuk harga konsumen, penjualan ritel dan output pabrik yang akan memberikan gambaran sekilas tentang sejauh mana inflasi telah mencapai puncaknya.
 
Selain itu, investor juga mencermati Federal Reserve yang diperkirakan akan kembali menaikkan suku bunga 75 basis poin kedua secara berturut-turut.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif