Seiring berjalannya waktu, BRI terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya, baik di kota maupun di desa. Dengan berbagai produk dan layanan, seperti tabungan, pinjaman, dan layanan digital, BRI berusaha membuat pengelolaan keuangan jadi lebih mudah bagi siapa saja.
Mengutip dari laman resmi BRI, berikut beberapa penjelasan mengenai sejarah, profil, visi misi dan produk dari BRI yang bisa kamu ketahui.
Sejarah BRI
Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan pada 1895 di Purwokerto oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama awal De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Setelah Indonesia merdeka, BRI menjadi bank pemerintah pertama pada 1946.Pada 1960, BRI bergabung dengan beberapa lembaga lain dan menjadi Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN). Lima tahun kemudian, BKTN digabung dengan Bank Indonesia dan menjadi bagian dari Bank Negara Indonesia.
Pada 1992, BRI berubah status menjadi perseroan terbatas dengan kepemilikan 100 persen milik pemerintah. Lalu pada 2003, pemerintah menjual 30 persen saham BRI dan menjadikannya perusahaan terbuka dengan nama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Baca juga: Cara Mengajukan KUR BRI Secara Online |
Profil BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau lebih dikenal dengan BRI, adalah bank milik negara yang menyediakan berbagai layanan keuangan. Hingga akhir 2022, BRI memiliki 449 kantor cabang dan 13.863 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. BRI juga memiliki kantor di luar negeri, yaitu di New York, Hong Kong, Singapura, Cayman Islands, dan Taiwan.Visi Misi BRI
Visi"The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion"
BRI dikenal sebagai bank terbesar di Asia Tenggara karena perannya dalam membuat layanan keuangan lebih mudah diakses oleh semua orang, termasuk yang tinggal di daerah terpencil. Bank ini fokus menyediakan berbagai produk dan teknologi yang memudahkan siapa saja untuk mengelola keuangan mereka. BRI juga jadi pemimpin dalam mendukung ekonomi yang lebih inklusif, supaya lebih banyak orang bisa mendapatkan akses ke layanan keuangan.
Misi
- Memberikan Layanan Terbaik
- Menjalankan perbankan dengan standar tertinggi, fokus melayani usaha mikro, kecil, dan menengah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.
- Memberikan Pelayanan Berkualitas
- Memberikan layanan terbaik dengan fokus pada nasabah, didukung oleh tim profesional, budaya kerja yang berorientasi pada hasil, teknologi canggih, dan jaringan yang efisien, dengan manajemen yang baik.
- Bekerja Secara Efektif dan Bertanggung Jawab
- Memberikan manfaat maksimal untuk semua pihak yang terlibat, dengan tetap menjaga prinsip keuangan yang berkelanjutan dan tata kelola perusahaan yang baik.
Baca juga: Mengenal Sejarah, Fungsi, dan Wewenang Bank Indonesia |
Produk BRI
Setelah membahas profil BRI, berikutnya kita akan lihat berbagai produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank ini. BRI memiliki berbagai pilihan produk, mulai dari kartu, pinjaman komersial, hingga layanan dari anak perusahaan yang mendukung kebutuhan nasabah.Layanan Kartu
- Kartu Kredit BRI
- Kartu Debit BRI
- Brizzi
Commercial Loan
- KKPE BRI
- Kredit Briguna BRI
- Kredit UMKM BRI
- Kupedes BRI
- Kredit Pangan BRI
- KUR BRI
- KUR TKI BRI
- KUR Kecil BRI
- KUR Mikro BRI
Our Subsidiaries
- BRI Syariah
- BRI Agro
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id