ungkap Direktur Teknik Operasi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, Delil Khairat. Foto: dok Indonesia Re.
ungkap Direktur Teknik Operasi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, Delil Khairat. Foto: dok Indonesia Re.

Pandemi Covid Beri Pelajaran ke Industri Asuransi, Generasi Muda Diajak Melatih Diri

Ade Hapsari Lestarini • 22 Februari 2024 16:57
Jakarta: Pandemi covid-19 memberikan pelajaran industri asuransi Indonesia sangat lemah dalam knowledge (pengetahuan). Bahkan, covid-19 membuka banyak sekali fakta-fakta tentang industri asuransi, terutama asuransi jiwa.
 
"Satu kesimpulan yang pasti adalah, ternyata industri asuransi kita, baik jiwa maupun kerugian di Indonesia, ternyata fondasinya tidak kuat-kuat amat. Kita menderita loss yang sangat besar secara finansial karena covid," ungkap Direktur Teknik Operasi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, Delil Khairat, saat pembukaan Inhouse Basic Life 2024, dikutip Kamis, 22 Februari 2024.
 
Delil menambahkan, industri asuransi, baik life maupun non-life, selama ini hanya menggadang-gadang sisi bisnis dan komisi tapi melupakan esensi yang sebenarnya dari asuransi. Padahal, secara esensial industri asuransi adalah industri yang sangat noble (mulia) karena asuransi menjadi pihak yang mengambil alih risiko orang lain.

 
Baca juga: Hardening Market Asuransi Berlanjut, Ini Mitigasi Risiko Indonesia Re

 
"Risiko ketidakpastian, yang dihindari oleh semua orang diambil alih oleh industri asuransi agar orang itu terbebas dari ketidakpastian. Fungsi ini sangatlah mulia, yang akan selalu ada selama dunia ini belum kiamat," tegas Delil.
 
Oleh karena itu, Delil berpesan agar para generasi muda atau Gen Z yang masih ragu saat memasuki industri asuransi bisa menemukan kesimpulan dalam program Inhouse Basic Life 2024. Sebab, industri asuransi adalah salah satu industri yang menawarkan purpose (tujuan) yang bermakna dan dapat mengisi diri.
 
Indonesia Re memberikan pelatihan mengenai asuransi dan reasuransi tingkat dasar (basic) kepada Entry Level Underwriter atau Claim Analyst, dan personel lainnya yang sebelumnya belum pernah mengikuti pelatihan dasar sejenis, di Perusahaan Asuransi Jiwa yang menjadi mitra bisnis (ceding companies) Indonesia Re.
 

Program Inhouse Basic Life 2024


Program bertajuk Inhouse Basic Life 2024 ini merupakan salah satu bentuk dari knowledge-based secondary services yang difasilitasi oleh Indonesia Re Institute. Program ini digelar secara hybrid berlangsung selama lima hari dan diikuti oleh lebih dari 150 peserta.
 
Selain memberikan dasar pengetahuan mengenai asuransi dan reasuransi, Inhouse Basic Life 2024 juga diharapkan dapat menjadi sarana diskusi sekaligus engagement event antara Indonesia Re dengan para mitra bisnis dari Perusahaan Asuransi Jiwa. Selain itu, menjadi wadah bagi Indonesia Re dan ceding companies saling berbagi expertise dan experience terkait Industri Perasuransian Nasional.
 
 
Baca juga: Apa Itu Reasuransi? Ini Pengertian, Manfaat, hingga Jenisnya

 
Inhouse Training merupakan program rutin yang diselenggarakan Indonesia Re melalui Indonesia Re Institute sejak 2000. Training ini adalah bentuk nyata komitmen Indonesia Re untuk menjadi Center of Knowledge terutama dalam aspek Learning & Research di Industri Perasuransian Nasional.
 
Sekaligus merupakan bentuk tanggung jawab Indonesia Re selaku Perusahaan Reasuransi Nasional (PRN) yang memfasilitasi dan mewadahi sharing expertise and experience kepada seluruh pelaku di Industri Perasuransian Nasional.
 
"Besar harapan kami kegiatan ini dapat menciptakan continuous learning culture di Industri Perasuransian Nasional, sehingga seluruh pelaku di Industri Perasuransian Nasional dapat berkontribusi untuk kemajuan dan pertumbuhan industri Perasuransian Nasional serta global sustainability," kata Delil.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan