Foto: Grafis Medcom.id
Foto: Grafis Medcom.id

6 Cara Merdeka Finansial, Intip Yuk Triknya

Ade Hapsari Lestarini • 09 Agustus 2021 13:08
Jakarta: Merdeka finansial bermula dari pikiran. Jika ingin menyukseskannya, Anda harus memutuskan dulu apa yang diinginkan, serta yakin pada diri sendiri.
 
Meski demikian, mewujudkan merdeka finansial memang tak semudah seperti yang disebutkan. Pasalnya, setiap orang memiliki penghasilan dan pengeluaran berbeda-beda, tapi seringkali tak berjalan seimbang.
 
Pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan, membuat keuangan jadi tidak sehat. Bahkan, hingga saat ini, masih banyak orang belum mencapai keuangan yang merdeka. Lalu, bagaimana triknya mewujudkan merdeka finansial? Yuk, cek enam cara mudahnya di sini, dilansir dari laman Lifepal, Senin, 9 Agustus 2021.

1. Tentukan tujuan hidup

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mewujudkan merdeka finansial ialah tentukan tujuan hidup yang spesifik. Untuk mencapainya, Anda harus mencatat berapa dana yang harus dimiliki dalam rekening, bagaimana gaya hidup yang harus dijalani untuk mencapainya, dan pada usia berapa dana tersebut harus terkumpul. Dengan tujuan yang lebih spesifik, maka merdeka finansial lebih mudah tercapai.

2. Membuat budget

Langkah merdeka finansial lainnya, pastikan membuat budget pengeluaran bulanan dan usahakan untuk selalu menepatinya. Ini akan membuat Anda mudah memprediksi jumlah tabungan yang dimiliki dan menghindari gaya hidup boros.

3. Buat tabungan berjangka

Tabungan berjangka memaksa kita untuk menabung. Itu bisa membuat Anda memanfaatkannya sebagai dana masa depan. Melalui fasilitas auto debit, secara otomatis uang Anda di rekening utama akan dipindahkan ke rekening tabungan berjangka dengan jumlah dan tanggal yang sudah disepakati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila Anda memutuskan tidak menabung, dan dana dicairkan sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan denda atau penalti. Sehingga di saat sudah tak produktif lagi, Anda masih memiliki dana yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

4. Berinvestasi

Anda harus memulai berinvestasi saat masih memiliki active income. Pasalnya, dengan berinvestasi baik di pasar saham, reksa dana, logam mulia, hingga properti, dapat menambah kekayaan Anda. Tapi, sebelum melakukannya, Anda harus ingat bahwa setiap investasi memiliki risiko. Karena itu, Anda harus memelajarinya terlebih dahulu, dan pilihlah jenis investasi yang dijamin Badan Pengawas Keuangan serta investasi yang minim risiko.
 
 
Halaman Selanjutnya
  5. Tak pakai kartu…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif