Ilustrasi. Foto: dok MI/Bary Fathahilah.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Bary Fathahilah.

Survei BI: Keyakinan Konsumen terhadap Ekonomi Terus Menanjak

Husen Miftahudin • 08 September 2022 11:42
Jakarta: Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) periode Agustus 2022 mengindikasikan optimisme terhadap kondisi ekonomi meningkat dari bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2022 sebesar 124,7 atau lebih tinggi dari 123,2 pada Juli 2022, serta konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100).
 
"Meningkatnya optimisme konsumen pada Agustus 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi terhadap ekonomi ke depan. Hal tersebut tercermin dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Agustus 2022 yang masing-masing tercatat sebesar 111, 7 dan 137,7, lebih tinggi dari 110,9 dan 135,5 pada bulan sebelumnya," ungkap hasil Survei Konsumen Bank Indonesia, Kamis, 8 September 2022.
 
Peningkatan keyakinan konsumen terpantau pada sebagian besar kategori pengeluaran, tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp4,1 juta sampai Rp5 juta. Berdasarkan usia, IKK Agustus 2022 juga terindikasi meningkat pada sebagian besar kelompok responden, terutama pada responden dengan usia 31-40 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara spasial, IKK Agustus 2022 terindikasi meningkat di beberapa kota yang disurvei, tertinggi di kota Padang (22,1), diikuti Palembang (16,0) dan Bandar Lampung (11,9)," papar BI.
 
Baca juga: BI Ingatkan Ancaman Stagflasi Global

 
Di sisi lain, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau meningkat dari bulan sebelumnya, tercermin dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) Agustus 2022 sebesar 111,7 lebih tinggi dibandingkan 110,9 pada Juli 2022.
 
Kenaikan IKE Agustus 2022 didorong oleh meningkatnya seluruh komponen pembentuknya, tertinggi pada Indeks Penghasilan Saat Ini yang meningkat sebesar 1,6 poin menjadi 119,8 pada Agustus 2022. Selanjutnya, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Saat ini dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama juga meningkat masing-masing sebesar 0,3 menjadi 112,2 dan 103,1.
 
Secara spasial, peningkatan IKE terpantau pada 11 kota yang disurvei, terbesar di kota Padang (19,6 poin), diikuti Denpasar (13,7 poin) dan Palembang (12,3 poin).
 
Adapun persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan enam bulan yang lalu terindikasi meningkat pada sebagian besar kategori pengeluaran, dengan kenaikan tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp4,1 juta hingga Rp5 juta. Dari sisi usia, optimisme konsumen terhadap peningkatan penghasilan juga tercatat meningkat pada sebagian besar kategori usia responden, terutama pada kelompok responden usia 31-40 tahun.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif