Inflasi ekonomi indonesia. Foto : MI.
Inflasi ekonomi indonesia. Foto : MI.

Bank Mandiri Perkirakan Inflasi Juni Tekan BI Naikkan Suku Bunga

Antara • 29 Juni 2022 20:04
Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memperkirakan inflasi tahunan (year-on-year/yoy) pada Juni 2022 akan mencapai 4,26 persen atau lebih tinggi dari Mei 2022 sebesar 3,55 persen (yoy), yang terjadi di tengah kenaikan harga pangan.
 
"Angka perkiraan yang melampaui kisaran target inflasi Bank Indonesia (BI) sebesar dua persen sampai empat persen tersebut memberikan tekanan bagi BI untuk menyesuaikan suku bunga kebijakan di semester II-2022," ujar ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman, dikutip dari Antara, Rabu, 29 Juni 2022.
 
baca juga: Akhir Tahun, Pertumbuhan Kredit Perbankan Bisa Capai 7,5%
 
 

Indeks Harga Konsumen (IHK) bulanan (month-to-month/mtm) diperkirakan mencatat inflasi sebesar 0,52 persen pada Juni 2022, juga lebih tinggi dari inflasi bulanan Mei 2022 sebesar 0,40 persen (mom).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Faisal, peningkatan tersebut terutama didorong oleh kendala pasokan pangan, terkait cuaca dan masalah pada rantai pasokan dan jalur distribusi, serta permintaan pangan yang padat.
 
"Kenaikan harga paling banyak terjadi pada cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan telur ayam," tuturnya.
 
Kendati begitu, dirinya memproyeksikan inflasi inti akan tetap relatif rendah, yang diproyeksikan sebesar 2,68 persen (yoy) pada Juni 2022 atau sedikit meningkat dari Mei 2022 sebesar 2,58 persen (yoy).
 
Dengan demikian, inflasi inti yang masih rendah tersebut bisa menjadi alasan utama BI terus mempertahankan suku bunga acuan pada level saat ini untuk beberapa waktu.
 
Faisal pun mengingatkan agar risiko peningkatan inflasi bahan pangan di semester II-2022 bisa diantisipasi lantaran inflasi kemungkinan akan meningkat secara substansial dan fundamental dalam periode tersebut, di tengah membaiknya permintaan yang menunjukkan bahwa tren inflasi inti memiliki kecenderungan untuk terus meningkat.
 
Secara keseluruhan, Bank Mandiri memperkirakan tingkat inflasi akan mencapai di atas empat persen pada akhir 2022, maksimum mendekati 4,6 persen.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif