Kilang Saudi Aramco. Foto : AFP.
Kilang Saudi Aramco. Foto : AFP.

IPO, Saudi Aramco Bervaluasi hingga USD1,7 Triliun

Ekonomi saudi aramco
Arif Wicaksono • 17 November 2019 15:49
Riyadh: Saudi Aramco telah menetapkan kisaran harga untuk listing yang menyiratkan raksasa minyak ini bernilai antara USD1,6 triliun hingga USD1,7 triliun, di bawah USD2 triliun yang sebelumnya ditargetkan oleh putra mahkota Saudi.
 
Dikutip dari CNBC International, Minggu 17 November 2019, Aramco berencana untuk menjual 1,5 persen sahamnya atau sekitar tiga miliar saham, pada kisaran harga indikatif 30 riyal (USD8) hingga 32 riyal, menghargai penawaran umum perdana (IPO), sebanyak 96 miliar riyal (USD25,60 miliar).
 
Aramco hanya bisa mengalahkan rekor memecahkan USD25 miliar yang dihimpun oleh raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba (BABA.N) ketika melantai di bursa saham New York pada 2014.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saudi Aramco akan mengalokasikan 0,5 persen sahamnya kepada investor ritel atau perorangan. Informasi ini dirilis perusahaan minyak terbesar di dunia yang rencananya akan melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana pada Desember 2019.
 
Adapun Saudi Aramco telah merilis prospektusnya pada Sabtu, 9 November 2019. Sayangnya, mereka tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait debutnya di pasar modal.
 
Saudi Aramco mengatakan proses penawaran dimulai 17 November dan ditutup pada 4 Desember. Harga penawaran akhir, serta jumlah dan persentase saham perusahaan yang akan dijual, akan ditentukan pada akhir periode itu.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif