NEWSTICKER
Menkeu Sri Mulyani. Foto : MI/Erlangga.
Menkeu Sri Mulyani. Foto : MI/Erlangga.

Virus Korona hingga Brexit Ancam Ekonomi Global 2020

Ekonomi Virus Korona ekonomi global
Eko Nordiansyah • 17 Februari 2020 15:07
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut berbagai ancaman yang bisa menganggu ekonomi global tahun ini. Meski pertumbuhan ekonomi 2020 diprediksi bakal mengalami perbaikan, sayangnya baru memasuki awal tahun berbagai tantangan menekan laju perekonomian.
 
Salah satu ancaman yang saat ini ada, yakni penyebaran virus korona di Tiongkok. Sebagai negara perekonomian terbesar kedua di dunia, tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi global.
 
"Virus korona mesti menjadi perhatian yang cukup serius. Bukan hanya berdampak kepada ekonomi Tiongkok, tetapi juga dunia. Ini tidak hanya masalah Tiongkok, tetapi juga akan menjadi masalah dunia," kata dia di Gedung BKPM, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 17 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan perkembangan global lainnya juga berpotensi mengancam upaya perbaikan ekonomi dunia. Pertama, pemilihan presiden di Amerika Serikat (AS), serta kebijakan moneter The Federal Reserve (The Fed) yang diprediksi semakin dovish.
 
Sementara itu, hubungan Inggris yang akhirnya keluar dari Uni Eropa juga membuat situasi global penuh ketidakpastian. Ditambah lagi pertumbuhan ekonomi negara Asia, bahkan Asia Tenggara yang diprediksi mengalami tekanan.
 
Untuk itu, pemerintah akan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai alat menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah ketidakpastian global. Pemerintah akan berhati-hati dalam mengelola berbagai risiko yang mungkin saja terjadi.
 
"Kita akan sangat berhati-hati karena momentum pertumbuhan ekonomi justru melemah sejak pertengahan tahun lalu. Ini tergambar dari perekonomian kuartal IV tahun lalu," pungkas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif