Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Pemerintah AS Audit Sertifikasi Boeing 737 Max

Ekonomi boeing
Ade Hapsari Lestarini • 21 Maret 2019 07:18
Seattle: Pemerintah Amerika Serikat (AS) memerintahkan peninjauan atas cara pesawat Boeing 737 Max mendapat izin terbang.
 
Melansir BBC, Kamis, 21 Maret 2019, peninjauan itu terjadi setelah adanya dua kecelakaan dalam lima bulan, di tengah saran dari para ahli bahwa ada kesamaan yang jelas antara kedua bencana.
 
Menteri Transportasi AS Elaine Chao telah meminta inspektur jenderal AS untuk mengaudit proses sertifikasi pesawat jenis tersebut. Salah satu fokus penyelidik kecelakaan adalah sistem anti-stall Max, yang menurut Boeing membutuhkan pembaruan peranti lunak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam memonya kepada inspektur jenderal Calvin Scovel, Chao mengatakan dia ingin peninjauan itu untuk membantu Administrasi Penerbangan Federal (FAA) untuk memastikan prosedur keselamatannya diterapkan secara efektif.
 
Setelah kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines pekan lalu -yang mengikuti bencana Lion Air pada Oktober 2018- ada pertanyaan tentang mengapa FAA membutuhkan waktu lama untuk mendaratkan 737 Max.
 
Reuters melaporkan bahwa Departemen Kehakiman AS juga telah memulai penyelidikan awal atas pengawasan FAA terhadap pesawat Boeing.
 
Sementara itu, Eropa dan Kanada mengatakan mereka akan mencari jaminan sendiri atas keselamatan pesawat. Sebuah langkah yang kemungkinan akan mempersulit rencana untuk membuat pesawat terbang lagi di seluruh dunia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif