Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Medcom/Ilham Wibowo.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Medcom/Ilham Wibowo.

Bahas G20, Jepang Minta Indonesia Dukung Pertukaran Data

Ekonomi g20 summit
Nia Deviyana • 29 Mei 2019 17:04
Jakarta: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan beberapa hasil diskusinya terkait pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Hiroshige Seko ke kantornya.
 
Enggar menjelaskan Seko meminta dirinya mendukung aturan pertukaran data yang akan dibahas pada pertemuan G20 di Osaka, Jepang pada 7-9 Juni 2019. Sehingga pada saat dibahas nanti, telah terjadi kesepakatan di tingkat Menteri.
 
"Hal yang diusulkan mengenai data free flow with trust. Memang kalau ditinjau dari terminologinya saja ini masih ada perbedaan pendapat di berbagai negara," ujar Enggar di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan M.I Rodwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Enggar menuturkan, untuk menyetujui hal ini, pihaknya telah berkonsultasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Namun, ada catatan penting yakni harus seimbang dari segi keamanan.
 
"Selain itu data strategis harus tetap berada di bawah kendali kita" kata dia.
 
Dengan kebijakan ini nantinya Indonesia juga bisa mengakses data dari berbagai macam negara. Hal ini dipersiapkan untuk mengantisipasi dampak revolusi industri 5.0 yang sudah berjalan di Jepang.
 
Selain itu, turut dibahas pula mengenai dukungan Indonesia terhadap reformasi Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization.
 
"Kita berbicara bahwa sudah waktunya kita mendukung reformasi WTO, kemudian multilateral trading sistem yang kita sepakati dengan Jepang, dan APEC Ministerial Meeting yang menjadi bagian penting di G20," pungkasnya.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif