Ilustrasi. FOTO: AFP PHOTO/GREG BAKER
Ilustrasi. FOTO: AFP PHOTO/GREG BAKER

Tiongkok Buka Lebih Banyak Sektor untuk Investor Asing

Ekonomi ekonomi china tiongkok
Angga Bratadharma • 11 Januari 2020 15:05
Beijing: Seorang pejabat senior di Departemen Perdagangan Tiongkok menyebut Tiongkok akan terus membuka akses kepada para investor asing. Bahkan, Tiongkok berencana membuka sektor-sektor yang selama ini terlarang bagi investor asing dengan harapan bisa mempercepat laju perekonomian di masa mendatang.
 
"Tiongkok diatur untuk menjadi pasar nasional terbesar di dunia dan menikmati basis kerja sama yang solid untuk investasi asing berkat kapasitas pendukung industri yang kuat," ungkap Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 11 Januari 2020.
 
Wang mengklaim pasar Tiongkok melihat daya saing inovasi terus tumbuh, terutama di sektor-sektor seperti internet, teknologi informasi, dan kecerdasan buatan. Tiongkok, secara umum, masih menikmati keuntungan komprehensif dalam menarik investasi asing dan otonomi reformasi yang lebih besar akan diberikan ke zona perdagangan bebas negara itu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, peraturan pelaporan investasi asing Tiongkok, yang mulai berlaku pada 1 Januari, diatur untuk sangat mengurangi beban bagi investor asing dan perusahaan yang berbasis investasi asing. Dalam hal ini, Tiongkok mulai membuka lebar investor asing dengan harapan bisa memacu laju perekonomian agar lebih baik lagi di masa mendatang.
 
Peraturan tersebut, yang dirancang bersama oleh Kementerian Perdagangan dan Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar, dibentuk berdasarkan kerangka kerja sistem hukum investasi asing baru, kata para pejabat kepada awak media.
 
Peraturan itu mewajibkan pelaporan informasi dari investasi asing langsung di Tiongkok daratan untuk mendirikan perusahaan dan kemitraan di bidang perbankan, sekuritas, asuransi dan sektor keuangan lainnya.
 
Perusahaan dari negara dan wilayah lain atau kantor perwakilan mereka yang terlibat dalam kegiatan produksi dan bisnis di daratan Tiongkok, dan perusahaan asing yang berinvestasi dan mendirikan perusahaan di daratan Tiongkok juga diharuskan untuk menyerahkan informasi investasi.
 
"Menyerahkan informasi investasi bukan merupakan prasyarat bagi investor asing atau perusahaan berbasis investasi asing untuk melakukan prosedur seperti pendaftaran perusahaan, juga bukan prosedur yang baru dibentuk untuk persetujuan administrasi," kata para pejabat.

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif