Jokowi: <i>Winter is Coming</i>
Presiden Jokowi dalam acara puncak Annual Meeting Plenary Session 2018 di Nusa Dua, Bali (Foto: Kementerian Keuangan)
Nusa Dua: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sudah saatnya semua masalah ekonomi yang terjadi sekarang diakhiri. Ekonomi dunia harus bergerak menuju harapan sejalan dengan pengendalian risiko yang lebih baik.

"Sudah cukup, winter is coming," kata Jokowi, dalam pleno pertemuan tahunan IMF-WB 2018, di Nusa Dua, Bali, Jumat, 12 Oktober 2018.

Jokowi mengajak semua negara dan tamu pertemuan tahunan IMF-WB 2018 memulai suasana baru. Memberikan rasa tenang untuk ekonomi dunia. Pasalnya, usai krisis keuangan berlalu sejak 2008, dunia tetap dihadapkan pada sejumlah risiko dan ketidakpastian.

Jokowi mahfum masih banyak masalah yang saat ini membayangi perekonomian dunia. Salah satunya ketika Amerika Serikat (AS) menikmati pertumbuhan ekonomi, di sisi lain perekonomian banyak negara justru melemah. Tidak stabil.



Jokowi menambahkan perang dagang yang kian memanas dari waktu ke waktu dan terjadinya inovasi teknologi telah mengakibatkan banyak industri di dunia terguncang. Dengan dasar itu, dirinya mengajak para tamu dan undangan dalam pertemuan tahunan IMF-WB 2018, termasuk para pembuat kebijakan monetar dan fiskal dunia untuk menjaga komitmen kerja sama global.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini menilai, diperlukan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yang mampu menyangga dampak negatif dari perang dagang, disrupsi teknologi, dan ketidakpastian pasar.

"Saya sangat berharap saudara-saudara akan berkontribusi dalam mendorong para pemimpin dunia untuk menyikapi keadaan ini secara tepat," pungkas dia.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id