Gedung Bank of Japan (FOTO: AFP)
Gedung Bank of Japan (FOTO: AFP)

Bank Sentral Jepang: Prospek Ekonomi Global Kian Gelap

Ekonomi ekonomi jepang bank of japan (boj)
29 Desember 2018 21:02
Tokyo: Beberapa pembuat kebijakan di bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BoJ) memperingatkan prospek ekonomi global semakin memburuk dan penurunan harga minyak baru-baru ini dapat berlanjut sehingga menunda pencapaian target inflasi dua persen. Kondisi semacam ini patut diwaspadai agar tidak menyebar lebih luas.
 
"Ketidakpastian atas prospek ekonomi global semakin tinggi. Mengingat kondisi seperti itu kemungkinan akan bertahan, risiko umumnya condong ke downside," kata salah satu anggota, dalam ringkasan pendapat pada tinjauan tingkat suku bunga BoJ di Desember, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Pada pertemuan Desember, BoJ mempertahankan kebijakan moneter stabil tetapi Gubenur BoJ memperingatkan akan meningkatkan risiko terhadap prospek ekonomi karena kekhawatiran perlambatan pertumbuhan global mengguncang pasar. Hal itu diambil guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Jepang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda sebelumnya menyalahkan ketidakstabilan baru-baru ini di pasar saham di tengah ketidakpastian ekonomi global yang terus berkembang. Namun, diyakini ekonomi Jepang cukup tangguh untuk menahan setiap guncangan yang datang dari eksternal.
 
Kuroda mengatakan para pembuat kebijakan perlu terus waspada terkait peningkatan risiko eksternal seperti proteksionisme dan melambatnya pertumbuhan ekonomi di Tiongkok. Di sisi lain, ia mengakui, butuh waktu yang lebih lama dari yang diharapkan untuk mencapai target inflasi dua persen.
 
"Ekonomi Jepang kemungkinan akan terus berkembang secara moderat. Tetapi perlu diingat bahwa ketidakpastian baru-baru ini meningkat sehubungan dengan perkembangan ekonomi luar negeri," pungkas Kuroda.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi