NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto : AFP
Ilustrasi. Foto : AFP

Perusahaan Tiongkok Banyak Lakukan Merger dan Akuisisi di Benua Asia

Ekonomi merger tiongkok asia
Arif Wicaksono • 17 Februari 2020 16:18
Beijing: Kesepakatan Belt and Road Initiative membuat Benua Asia menjadi tujuan merger dan akuisisi (M&A) luar negeri yang paling populer untuk perusahaan Tiongkok pada tahun lalu. Hal ini menurut sebuah laporan oleh perusahaan konsultan global Ernst & Young.
 
"Perusahaan-perusahaan Tiongkok membuat kesepakatan M&A senilai USD22,3 miliar di Asia tahun lalu, naik 19,1 persen YoY, menyumbang hampir 30 persen dari total (global)," kata laporan itu dikutip dari Xinhua, Senin, 17 Februari 2020.
 
Pertumbuhan itu terjadi meskipun ada penurunan investasi langsung dari Tiongkok. Investasi langsung yang maasik dari Tiongkok turun 9,8 persen secara year on year (YoY).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan nilai kesepakatan, kegiatan M&A didominasi oleh sektor teknologi, media dan telekomunikasi (TMT), konsumer, listrik dan utilitas.
 
"Dipengaruhi oleh wabah virus korona yang baru, tren investasi keluar dari Tiongkok perlu diamati lebih lanjut tergantung pada kontrol situasi epidemi," kata Loletta Chow, pemimpin global dari EY China Overseas Investment Network.
 
Chow menyarankan agar investor Tiongkok memperhatikan sektor-sektor yang mendukung penyesuaian struktural, transformasi dan peningkatan, seperti TMT, ilmu kesehatan dan kehidupan serta sektor manufaktur maju.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif