Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

Pasokan Melebihi Permintaan Pengaruhi Harga Minyak Sepekan

Ekonomi minyak mentah
Ade Hapsari Lestarini • 28 Oktober 2019 07:10
Houston: Harga minyak mentah dunia menguat untuk pekan yang berakhir 25 Oktober. Kekhawatiran tentang ketatnya pasokan melebihi permintaan yang lebih lemah menjadi salah satu alasannya.
 
Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember naik 5,36 persen dan minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember naik 4,38 persen.
 
Melansir Xinhua, Senin, 28 Oktober 2019, WTI menutup minggu ini ke posisi USD56,66 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent pekan ini bertengger ke posisi USD62,02 per barel di London ICE Futures Exchange.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harga WTI dan minyak mentah Brent telah meningkat masing-masing 24,78 persen dan 15,28 persen, sepanjang tahun ini, turun dari level puncaknya pada April ketika pertumbuhan WTI mencapai lebih dari 40 persen, dan minyak mentah Brent lebih dari 30 persen.
 
Pada Senin, harga minyak mentah terus bergerak di bawah tekanan karena pasar tetap khawatir tentang melemahnya permintaan. Minyak mentah WTI dan Brent memperpanjang penurunan setelah mengalami kerugian mingguan, masing-masing terkikis 0,47 persen dan USD0,46 per barel.
 
Namun demikian harga minyak meningkat selama empat hari berturut-turut, didukung oleh berita bahwa produsen minyak utama dunia akan mempertimbangkan pengurangan produksi yang lebih dalam di tengah kekhawatiran permintaan dan laporan Administrasi Informasi Energi (EIA) AS terhadap penurunan persediaan minyak mentah.
 
Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya diperkirakan akan menerapkan pengurangan produksi yang lebih besar ketika mereka bertemu pada Desember. Ini dilakukan sebagai upaya untuk melawan pertumbuhan permintaan yang lebih lemah.
 
Pada Juli, OPEC dan Rusia, bersama dengan anggota non-OPEC lainnya sepakat untuk memperpanjang pengurangan produksi 1,2 juta barel per hari selama sembilan bulan, sebuah langkah yang dirancang untuk menjaga harga minyak agar tidak jatuh.
 
Sementara itu, menurut EIA's Weekly Petroleum Status Report, persediaan minyak mentah komersial AS, tidak termasuk dalam cadangan minyak strategis, turun 1,699 juta barel selama pekan yang berakhir 18 Oktober. Sementara analis memperkirakan kenaikan 2,232 juta barel.
 
Hal mengejutkan terjadi dalam stok minyak mentah AS dan prospek penurunan produksi lebih lanjut oleh produsen minyak utama, serta penurunan tajam rig minyak aktif AS sehingga mengimbangi kekhawatiran permintaan yang lebih lemah. Sejak Selasa hingga Jumat, minyak mentah WTI dan Brent masing-masing tumbuh 6,28 persen dan 5,19 persen.
 
Harga minyak terus mendapatkan momentum sejak awal tahun karena beberapa kekhawatiran geopolitik dan keputusan OPEC untuk mengurangi produksi. Momentum telah melambat, terutama karena kekhawatiran atas penurunan permintaan minyak mentah.
 
Perlambatan ekonomi global terus menjadi angin sakal utama untuk minyak mentah. Pertumbuhan ekonomi dunia yang lebih lambat, terutama karena perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok akan menyebabkan berkurangnya permintaan minyak, yang pada gilirannya akan menekan harga minyak.
 
Selain itu, kenaikan dolar AS dalam beberapa bulan terakhir telah menyeret turun minyak mentah berjangka berdenominasi greenback karena indeks dolar AS telah terus naik sejak pertengahan 2018.
 
Indeks dolar AS diperdagangkan ke level tertinggi dalam lima hari pada Jumat dan mengakhiri minggu dengan penguatan. Analis percaya resistensi berikutnya dalam perjalanan akan dekat level harga 97,90 dan 98,20.
 
Untuk minggu mendatang, analis percaya prospek ekonomi yang rapuh akan terus membebani permintaan bahan bakar. Sementara itu, harapan dari kesepakatan bilateral pada perdagangan AS-Tiongkok dapat terus mendukung nada bullish pada harga minyak, dan analis mengatakan pasar akan mengawasi dengan cermat perkembangan pembicaraan perdagangan AS-Tiongkok.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif