Harga emas dunia. Foto : AFP.
Harga emas dunia. Foto : AFP.

Harga Emas Tertekan Data Positif Ekonomi AS

Antara • 16 Juli 2022 07:19
Jakarta: Harga emas dunia sedikit lebih rendah pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena investor fokus ke pasar ekuitas AS yang lebih kuat di tengah laporan sejumlah laba perusahaan dan data ekonomi. Meredanya reli mata uang dolar AS akibat ketidakpastian skala kenaikan suku bunga AS menahan penurunan lebih lanjut.
 
baca juga: Harga Emas Dunia Terpeleset Kenaikan Dolar AS

Dikutip dari Antara, Sabtu, 16 Juli 2022, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi Comex New York Exchange, tergelincir USD 2,2 atau 0,13 persen, menjadi ditutup pada USD 1.703,60 per ounce, setelah sempat turun di bawah USD 1.700  dan mengalami penurunan mingguan kelima berturut-turut.
 
Data ekonomi yang dirilis Jumat, 15 Juli 2022, juga membebani emas. Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa penjualan ritel AS pada Juni naik 1 persen, setelah penurunan 0,1 persen direvisi naik pada Mei. Angka tersebut juga lebih tinggi dari perkiraan para ekonom untuk kenaikan 0,9 persen.
 
Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa harga impor AS turun 0,2 persen pada Juni setelah naik selama tiga bulan berturut-turut karena biaya minyak dan impor lainnya menurun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indeks kondisi bisnis Empire State Fed New York, ukuran aktivitas manufaktur di negara bagian, naik 12,3 poin menjadi 11,1 pada Juli 2022. Para ekonom memperkirakan pembacaan negatif ketiga berturut-turut.
 
Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September naik 36,9 sen atau 2,02 persen, menjadi ditutup pada USD 18,594 per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik USD 13,6 atau 1,66 persen, menjadi ditutup pada USD 830,9 per ounce.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif