Tiongkok. Foto : AFP.
Tiongkok. Foto : AFP.

Tiongkok Jadi Pasar Obligasi Mata Uang Lokal Terbesar Asia Timur

Ekonomi obligasi tiongkok
Arif Wicaksono • 25 Juni 2020 14:45
Manila: Riset terbaru Bank Pembangunan Asia (ADB) melaporkan Tiongkok tetap menjadi pasar obligasi dengan mata uang lokal terbesar di Asia Timur. Tiongkok menyumbang 76,6 persen dari total penerbitan obligasi pada akhir kuartal pertama 2020.
 
"Pasar obligasi mata uang lokal Tiongkok tetap yang terbesar di Asia Timur yang muncul pada USD12,5 triliun pada akhir kuartal pertama 2020. Ini mewakili 76,6 persen dari total stok obligasi daerah. Sebanyak 4,9 persen lebih tinggi dibandingkan dengan saham obligasi Tiongkok pada akhir kuartal keempat 2019 dan 16,1 persen lebih besar dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata ADB dikutip dari Xinhua, Kamis, 25 Juni 2020.
 
ADB mengatakan pasar obligasi korporasi Tiongkok tumbuh 7,3 persen kuartal ke kuartal pada kuartal pertama 2020 mencapai USD4,6 triliun. Hal ini sebagian dibantu oleh peraturan yang dikeluarkan pemerintah pada Maret. Aturan itu menyederhanakan proses penerbitan untuk obligasi korporasi terdaftar dan obligasi perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Obligasi pemerintah, sementara itu, tumbuh 3,5 persen kuartal ke kuartal mencapai USD7,9 triliun karena penerbitan obligasi pemerintah daerah meningkat," kata ADB.
 
ADB mengatakan obligasi mata uang lokal Kawasan Administratif Khusus Hong Kong berjumlah USD291 miliar setelah kontraksi 0,5 persen pada kuartal pertama 2020 dibandingkan periode yang sama sebelumnya.
 
"Penurunan obligasi mata uang lokal yang beredar berasal dari kontraksi kuartal ke kuartal 1,1 persen pada obligasi pemerintah dan pertumbuhan kuartal ke kuartal 0,2 persen yang hangat di segmen obligasi korporasi," lapor ADB.
 
Obligasi pemerintah yang beredar di Hong Kong mencapai USD151 miliar pada akhir Maret. Sementara obligasi korporasi yang beredar berjumlah USD140 miliar pada periode yang sama.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif