Ilustrasi logo IMF - - Foto: dok AFP
Ilustrasi logo IMF - - Foto: dok AFP

IMF Desak Bank Sentral Berbagai Negara Pantau Kenaikan Inflasi

Ekonomi IMF Inflasi Ekonomi Global IMF-World Bank Bank Sentral
Antara • 15 Oktober 2021 10:29
Washington: Komite pengarah Dana Moneter Internasional (IMF) mendesak para pembuat kebijakan global untuk memantau gejolak harga demi mengurangi tekanan inflasi serta berhati-hati dalam mengkalibrasi kebijakan domestik.
 
“Kami akan terus memprioritaskan pengeluaran kesehatan dan melindungi yang paling rentan, sambil mengalihkan fokus yang sesuai, dari respons krisis ke peningkatan pertumbuhan dan menjaga kesinambungan fiskal jangka panjang,” tulis komite IMF, dikutip dari Antara, Jumat, 15 Oktober 2021.
 
Kekhawatiran inflasi tersebut dipicu oleh naiknya permintaan, kemacetan rantai pasokan, kenaikan harga bahan bakar dan komoditas. Namun, tekanan inflasi diprediksi masih bersifat sementara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pertanyaan kuncinya adalah mengetahui apakah ini inflasi sementara atau bukan. Tidak ada yang memiliki tanggapan atas pertanyaan kunci itu," kata Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire.
 
Sementara itu, Menteri Keuangan Swedia Magdalena Andersson yang mengetuai panel IMFC, mengatakan harus lebih banyak inisiatif untuk menambah pasokan global.
 
"Komunikasi yang jelas oleh para pembuat kebijakan untuk membatasi dampak negatif lintas negara sangat diperlukan dan menggunakan alat makroprudensial untuk membatasi kerentanan keuangan," terang dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif