Malaysia. Foto : AFP.
Malaysia. Foto : AFP.

Bank Sentral Malaysia Pertahankan Suku Bunga Antar Bank di 1,75%

Ekonomi suku bunga malaysia
Arif Wicaksono • 04 November 2020 21:03
Kuala Lumpur: Bank Sentral Malaysia, Bank Negara Malaysia mempertahankan Overnight Policy Rate (OPR) negara itu di 1,75 persen.
 
OPR adalah suku bunga minimum yang dibebankan antar bank di pasar antar bank, di mana mereka meminjam dana dari satu sama lain. Ketika bank mengalami defisit dana untuk memenuhi permintaan penarikan dari nasabah maka bank tersebut akan meminjam dari bank lain yang memiliki kelebihan dana.
 
Bank Sentral Malaysia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Komite Kebijakan Moneter (MPC) menganggap sikap kebijakan moneter sudah tepat dan akomodatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penurunan kumulatif 125 basis poin pada OPR tahun ini akan terus memberikan stimulus bagi perekonomian," kata Bank Sentral Malaysia dikutip dari Xinhua, Rabu, 4 November 2020.
 
MPC akan terus menilai kondisi yang berkembang dan implikasinya terhadap prospek inflasi dan pertumbuhan domestik secara keseluruhan.
 
"Bank tetap berkomitmen untuk menggunakan pengungkit kebijakan yang sesuai untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk pemulihan ekonomi yang berkelanjutan," katanya.
 
Bank Sentral Malaysia mengatakan ekonomi global dipimpin oleh perbaikan dalam aktivitas manufaktur dan ekspor, karena indikator terbaru menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi meningkat di sebagian besar negara maju dan regional, dengan momentum pemulihan yang lebih nyata di Tiongkok
 
"Namun, kebangkitan baru-baru ini dalam kasus covid-19 telah menyebabkan beberapa negara ekonomi utama memperkenalkan kembali langkah-langkah penahanan, meskipun umumnya kurang ketat daripada tindakan sebelumnya," kata bank sentral.
 
"Ini menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi global kemungkinan akan tetap tidak merata dalam waktu dekat," pungkasnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif