Ilustrasi perpajakan - - Foto: dok MI
Ilustrasi perpajakan - - Foto: dok MI

Negara Anggota G20 Sepakati Blueprint Sistem Perpajakan Internasional

Ekonomi perpajakan Sri Mulyani g20 summit
Eko Nordiansyah • 16 Oktober 2020 19:23
Jakarta: Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 berkomitmen melanjutkan kerja sama bidang perpajakan. Hal tersebut guna mewujudkan sistem perpajakan internasional yang adil, berkelanjutan, dan modern.
 
G20 menyambut baik laporan mengenai Blueprint Pilar 1 dan Pilar 2 sebagai basis yang kuat untuk melanjutkan pembahasan atas isu-isu yang masih tersisa, dan diharapkan kesepakatan global akan dapat dicapai pada pertengahan tahun depan.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai Blueprint Pilar 1 dan Pilar 2 menjadi fondasi untuk mencapai konsensus global. Apalagi penerimaan perpajakan sangat penting bagi semua negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh karena itu, Indonesia mendukung upaya-upaya untuk mencapai konsensus global yang efisien, sederhana, setara, dan transparan, yang dapat meminimalisasi distorsi akibat kesenjangan antara perkembangan/transformasi teknologi dengan rezim perpajakan saat ini," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 16 Oktober 2020.
 
Selain itu, G20 juga menyambut baik G20 Roadmap to Enhance Cross-Border Payments yang disampaikan olehFinancial Stability Board(FSB) dalam rangka mendukung transaksi pembayaran yang transparan, inklusif, cepat, dan murah, termasuk transaksi remitansi.
 
G20 juga mendukung rekomendasi FSB atas pentingnya regulasi dan pengawasan yang konsisten dan efektif terhadap perkembanganglobal stable coinsdi seluruh yurisdiksi serta pemantauan atas penerapannya. Hal ini terkait dengan potensi penyalahgunaan aset virtual, termasukglobal stable coins, dalam pencucian uang (money laundering) dan pendanaan teroris (terrorism financing).
 
Negara-negara G20 juga menyambut baik G20 2020 Financial Inclusion Action Plan dengan prioritas pada pembiayaan usaha kecil dan menengah (UKM) dan inklusi keuangan digital (digital financial inclusion).

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif