Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.

Kemenkeu: Hadapi Krisis, G20 Gunakan Instrumen Berkualitas

Ekonomi Kementerian Keuangan Rusia-Ukraina Pemulihan Ekonomi Nasional G20 pembangunan berkelanjutan Presidensi G20
M Ilham Ramadhan • 28 April 2022 19:20
Jakarta: Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu menuturkan, negara G20 berkomitmen untuk menggunakan seluruh alat maupun instrumen yang tersedia dan berkualitas dalam menghadapi krisis yang terjadi seperti saat ini.
 
"(Itu digunakan) terutama pada mereka yang paling terkena dampak seperti perempuan, pemuda, pekerja informal dan pekerja terampil rendah, dan juga pada ketidaksetaraan," kata Febrio dalam CSIS Global Dialogue 2022, Kamis, 28 April 2022.
 
G20, lanjutnya, juga telah menegaskan kembali komitmennya untuk memajukan agenda berwawasan dengan menetapkan rencana aksi G20. Hal itu juga diikuti oleh dorongan pada agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan guna mencapai pembangunan global yang lebih kuat, lebih hijau, dan seimbang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di saat yang sama, negara anggota G20 juga perlu menyesuaikan target kebijakan apa yang sesuai dengan pemulihan ekonomi, menjaga stabilitas keuangan, kesinambungan fiskal, dan juga tetap menjaga dari risiko penurunan dan limpahan negatif.
 
"Dengan perang di Ukraina, ini membuat tantangan global menjadi lebih kompleks, krisis geopolitik, ditambah dengan tantangan global yang masih dihadapi sebelumnya," kata Febrio.
 
Karenanya, Indonesia selaku Presidensi G20 2022 mengedepankan dialog dengan tiap negara anggota forum tersebut. Sebab, tegas dia, G20 dibangun di atas konsensus.
 
"Kami melakukan lusinan konsultasi dengan anggota untuk menemukan pendekatan terbaik dalam menavigasi dampak perang dan juga pada krisis geopolitik saat ini," pungkas Febrio.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif