WeChat. Foto ; AFP.
WeChat. Foto ; AFP.

Pebisnis AS akan Terganggu Blok WeChat oleh Trump

Ekonomi amerika serikat wechat
Arif Wicaksono • 20 September 2020 15:16
Washington: Tindakan keras Washington terhadap WeChat akan mengganggu komunikasi antara jutaan orang di Amerika Serikat dan teman, keluarga, dan mitra bisnis mereka di Tiongkok. Hal ini akan terjadi meskipun aplikasi tersebut tidak berhasil mengulang kesuksesannya di Tiongkok sebagai platform pembayaran berbasis smartphone yang dominan.
 
Departemen Perdagangan AS mengumumkan larangan parsial pada Jumat, 18 September 2020, di WeChat serta aplikasi video TikTok. Perintah tersebut akan memperlambat WeChat sehingga tidak dapat digunakan di Amerika Serikat untuk obrolan video dengan keluarga dan teman.
 
"Mereka memperlambat kecepatan sehingga secara teknis tidak mungkin menggunakan audio, video, atau mengirim gambar," kata Wu Ziyi, seorang mahasiswa pascasarjana Tiongkok dalam ilmu politik di Massachusetts Institute of Technology dikutip dariChannel News Asia, Minggu 20 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Tiongkok, WeChat membawa negara itu menuju perdagangan tanpa uang tunai hanya dalam beberapa tahun, dan digunakan oleh ratusan juta untuk pembayaran sehari-hari. WeChat adalah sejenis aplikasi universal, rekening bank digital dan kartu identitas, untuk memesan makanan atau mobil, mengirim hadiah, mengelola masalah medis, dan berinteraksi dengan layanan pemerintah.
 
Dimiliki oleh raksasa teknologi TenCent, WeChat di Amerika Serikat memiliki sekitar 19 juta pengguna aktif harian, kata Adam Blacker dari Apptopia, konsultan aplikasi seluler.


 
"Ini kebanyakan digunakan oleh orang Tiongkok yang mengunjungi atau bekerja di sini atau oleh orang Tiongkok-Amerika yang tetap berhubungan dengan kerabat mereka," kata William Reinsch dari Pusat Kajian Strategis dan Internasional di Washington.
 
Itu termasuk beberapa ratus ribu pelajar Tiongkok di AS, yang menggunakannya untuk setidaknya 90 persen dari percakapan online harian mereka. Dia mengatakan bahwa itu dapat digunakan untuk menukar sejumlah kecil uang.
 
Tetapi tidak dapat dihubungkan ke rekening bank AS atau kartu kredit atau debit karena hanya berfungsi dalam yuan Tiongkok.
 
Pelaku bisnis AS juga menggunakan WeChat untuk komunikasi dengan pemasok Tiongkok, dan mungkin dapat menggunakannya untuk pembayaran, meskipun layanan lain , seperti fungsi Alipay dari pesaing TenCent, Alibaba - lebih baik dibangun untuk menangani jumlah besar dan valuta asing.
 
Sekarang, di bawah perintah Departemen Perdagangan AS, WeChat tidak dapat digunakan untuk mentransfer uang di dalam Amerika Serikat.
 
Reinsch mengatakan pelaku bisnis AS terutama khawatir bahwa tindakan keras yang telah lama ditandai akan berlaku untuk penggunaan WeChat di luar Amerika Serikat, yang akan melumpuhkan bisnis mereka di Tiongkok.
 
Wu mengatakan orang Tiongkok di Amerika Serikat mungkin masih menemukan cara untuk menggunakan aplikasi tersebut, melalui jaringan VPN atau dengan cara lain, tetapi sebagian besar sudah pindah ke aplikasi lain untuk komunikasi dengan keluarga di rumah.

 
"Keluarga saya sangat tradisional, jadi kami mungkin akan kembali ke panggilan telepon," pungkasnya.

 
(SAW)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif