Plt Dirut PLN Sripeni. Foto: MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Plt Dirut PLN Sripeni. Foto: MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

PLN Evaluasi 50 Anak-Cucu Perusahaan

Ekonomi pln Pergantian Direksi BUMN
Desi Angriani • 13 Desember 2019 20:38
Jakarta: PT PLN (Persero) mengevaluasi 50 anak-cucu perusahaan demi mengoptimalkan kinerja perusahaan listrik negara tersebut. Mayoritas anak perusahaan ini berupa Independent Power Producer (IPP).
 
Plt Dirut PLN Sripeni menjelaskan evaluasi anak, cucu, hingga cicit perusahaan ini ditargetkan rampung pada kuartal pertama 2020. Evaluasi ini sejalan dengan penyelesaian rencana bisnis perusahaan secara keseluruhan.
 
"Total PLN ya, anak hanya 11, kemudian cucu dan cicit jika ditotal ada 50. Februari rampung," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya kebanyakan anak perusahaan PLN merupakan kepanjangan dari proses bisnis yakni satu lokasi pembangkit memiliki satu perusahaan. Namun, anak usaha perusahaan listrik pelat merah ini dipastikan tidak menyimpang dari induk perusahaan.
 
"Enggak ada yang menyimpang misal PLN punya hotel, enggak ada. PLN punya rumah sakit enggak. Jadi PLN semua ini adalah kepanjangan dari proses bisnis PLN," ungkap dia.
 
Lebih lanjut, Sripeni belum dapat memastikan akan melakukan perampingan terhadap puluhan anak cucu perusahaan PLN tersebut. Namun, upaya itu akan ditempuh selama untuk menyehatkan perseroan.
 
"Siap, kita mendukung kok karena bagus untuk menyehatkan. Kita menyadari, PLN membentuk anak perusahaannya harus bisa mendukung. Apakah dia bisa menurunkan biaya secara keseluruhan jadi diletakkan di anak," pungkas Sripeni.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif