Saudi Aramco. Foto ; AFP.
Saudi Aramco. Foto ; AFP.

Cari Titik Temu dengan Saudi Aramco, Dirut Pertamina Terbang ke Arab

Ekonomi saudi aramco
Suci Sedya Utami • 12 November 2019 20:36
Jakarta: Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dijadwalkan akan terbang ke Arab Saudi untuk bertemu dengan pihak Saudi Aramco pekan ini.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Nicke akan didampingi oleh Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansyuri.
 
Erick mengatakan kepergian keduanya ke negeri produsen minyak tersebut tidak lain untuk mencari titik temu mengenai rencana kerja sama pembangunan Kilang Cilacap.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu pun dibenarkan oleh VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman. Ia bilang pertemuan dengan Aramco membicarakan mengenai valuasi aset Kilang Cilacam yang masih buntu antara kedua pihak.
 
"Iya lagi melakukan pembicaraan. Kayaknya belum berangkat tapi jadwalnya minggu ini," kata Fajriyah pada Medcom.id, Selasa, 12 November 2019.
 
Selain valuasi, kata Fajriyah, pertemuan tersebut juga membicarakan banyak hal termasuk mengenai mekanisme-mekanisme lainnya dalam kerja sama tersebut.
 
Sebelumnya Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero) Ignatius Tallulembang mengatakan Pertamina dan Aramco sepakat untuk menyelesaikan perhitungan valuasi aset dari rencana revitalisasi atau pembangunan Kilang Cilacap di Desember.
 
Selama ini valuasi dilakukan masing-masing pihak baru nantinya disinkronkan bersama. Namun hingga saat ini cara tersebut masih belum membuahkan hasil.
 
Talulembang mengatakan tim advisor tersebut saat ini tengah bekerja. Ia bilang paling lama dalam satu bulan hasil perhitungan bisa dikeluarkan dan dibahas di masing-masing internal kedua belah pihak dan akan dibicarakan bersama.
 
"Kesepakatan hasil valuasi paling lambat tahun ini. Semuanya diupayakan di akhir Desember," kata Talulembang.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif