Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

2020, Gubernur Lampung Optimistis Desa Berlistrik Capai 100%

Ekonomi listrik pembangkit listrik pln
Antara • 21 November 2019 09:06
Bandar Lampung: Gubernur Lampung Arinal Djunaidi optimistis rasio desa berlistrik didaerahnya pada 2020 mencapai 100 persen. Setidaknya masih ada sekitar 60 desa yang belum teraliri listrik dan pada 2019 sudah terselesaikan 40 desa, termasuk Dusun Kalangan dan Pulau Pahawang Induk.
 
"Pada 2019 ini rasionya telah tercapai 98,56 persen," kata Arinal, seperti dikutip dari Antara, di Bandar Lampung, Kamis, 21 November 2019.
 
Menurutnya dalam waktu dekat akan bertambah daya listriknya, sehingga pada 2020 sudah tidak ada lagi desa yang tidak teraliri listrik. Arinal mengatakan bahwa kawasan pariwisata seperti Pahawang harus teraliri listrik. Adapun daerah Pahawang merupakan kebanggaan pariwisata Lampung.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan kedepannya akan menjadikan wilayah ini menjadi salah satu ikon pariwisata Lampung, terlebih daerah ini bakal teraliri listrik PT PLN (Persero). "Kalau nantinya sudah terang, hatinya pun sudah terang. Artinya masyarakat Pahawang harus terbuka dan ramah dengan pengunjung yang datang, baik wisatawan lokal maupun internasional," ucapnya.
 
"Selain itu, harus turut menjaga dan memelihara biota laut Pahawang untuk menarik minat para wisatawan kedepannya," ujarnya.
 
Arinal menuturkan tugas PLN adalah menerangkan tetapi perkembangan industri, ekonomi, pariwisata ada di luar PLN. Listrik memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk itu, pemerintah akan terus mendorong percepatan berbagai pembangunan infrastruktur kelistrikan di Provinsi Lampung.
 
"Salah satunya dengan menambah energi PLTU yang telah disetujui dan akan terselesaikan dalam waktu 1-2 tahun. Sehingga benar-benar terwujud Lampung Terang Berjaya," tegas Arinal.
 
Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Pengembangan Regional Sumatera PT PLN (Persero) Budi Pangestu menjelaskan, empat tahun lalu kondisi kelistrikan di Pulau Sumatera dan Lampung masih banyak kekurangan dan mengalami defisit.
 
"Alhamdulillah, sekarang kita sudah mempunyai cadangan sekitar 6-10 persen. Tentunya ini akan terus didorong, dan paling tidak cadangan kita dapat di angka 30 persen," jelasnya.
 
Budi menjelaskan saat ini terdapat 385 desa di Sumatera yang belum mendapat listrik dari PLN. "Untuk masyarakat Pahawang yang sampai saat ini masing menggunakan genset, insya Allah kalau Sambungan Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) sudah jadi, maka listrik di Pahawang akan teraliri," pungkasnya.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif