Mobil tangki Pertamina mengisi bahan bakar avtur ke pesawat. Foto: MI/Panca Syurkani.
Mobil tangki Pertamina mengisi bahan bakar avtur ke pesawat. Foto: MI/Panca Syurkani.

Pertamina Turunkan Harga Avtur

Ekonomi pertamina Avtur
Suci Sedya Utami, Kautsar Widya Prabowo • 16 Februari 2019 03:02
Jakarta: PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menurunkan harga jual avtur. Penurunan berlaku pada 16 Februari 2019, tepatnya pukul 00.00 WIB.
 
Media Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita mengatakan, penyesuaian ini menindaklanjuti Keputusan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.
 
Penurunan harga jual avtur, jelas Arya, dilakukan dengan mempertimbangkan rata-rata harga minyak dunia, nilai tukar rupiah, dan faktor lainnya. Keputusan tersebut diharap dapat mendongkrak industri penerbangan Tanah Air.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penurunan harga avtur ini juga merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap industri penerbangan nasional, yang diharapkan juga berdampak pada industri lainnya termasuk pariwisata," ungkap Arya dalam keterangannya, Jakarta, Jumat malam, 15 Februari 2019.
 
Baca juga: Sri Mulyani Pertimbangkan Hapus PPN Avtur
 
Perseroan, tegas Arya, rutin mengevaluasi dan menyesuaikan harga avtur secara periodik, dua kali dalam sebulan. Untuk periode kali ini, harga avtur mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya.
 
Sebagai contoh, harga avtur (published rate) untuk Bandara Soekarno Hatta Cengkareng mengalami penurunan dari Rp8.210 per liter menjadi Rp7.960 per liter. Harga ini lebih rendah 26 persen dibandingkan harga avtur (published rate) di Bandara Changi Singapura sebesar Rp10.769 per liter pada 15 Februari 2019.
 
Arya menambahkan harga jual avtur untuk setiap maskapai ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara Pertamina dan maskapai penerbangan. Kesepakan setiap maskapai berbeda sesuai dengan kontrak bisnis, business to business (b to b).
 
"Pertamina terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat dengan menyediakan bahan bakar pesawat udara di 67 bandara yang tersebar di Indonesia," beber Arya.
 
Baca juga: Monopoli Avtur, Jokowi Bakal Panggil Pertamina
 
Presiden Joko Widodo sebelumnyameminta agar harga avtur diturunkan. Permintaan Presiden itu lantaran tingginya harga jual avtur sehingga mengerek harga tiket pesawat.
 
Jokowi menduga tingginya harga avtur akibatmonopoli penjualanoleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Harga avtur itu menyangkut 40 persen dari biaya yang ada di tiket pesawat," ungkap Jokowi, Senin, 11 Februari 2019 lalu.
 

 

(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif