Agustus, Pembayaran Divestasi ke Freeport Ditargetkan Lunas

Suci Sedya Utami 12 Juli 2018 18:35 WIB
freeportinalum
Agustus, Pembayaran Divestasi ke Freeport Ditargetkan Lunas
Menkeu Sri Mulyani (kiri), CEO Freeport McMoran Richard Adkerson, dan Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin saat penandatanganan HoA. (FOTO: AFP)
Jakarta: Indonesia Asahan Aluminium/Inalum (Persero) menargetkan akan menyelesaikan transaksi divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia pada Agustus.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin usai penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PT Freeport Indonesia dan Inalum.

"Kita berharap dalam dua bulan setelah HoA selesai agar transaction closing-nya jadi," kata Budi di Kemenkeu, Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Sementara itu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta agar proses transaksi dipercepat hingga akhir Juli.

"Saya memang mendorong sampai akhir Juli, tapi Pak Budi bilang sampai Agustus. Enggak apa-apa dong saya ngejar juga, lebih cepat lebih baik," tutur Rini.

Adapun nilai transaksi yang telah disepakati dalam proses divestasi tersebut sebesar USD3,85 miliar. Artinya Inalum sebagai induk holding yang ditugaskan untuk mengambil divestasi tersebut harus membayar uang sejumlah itu pada induk PT Freeport Indonesia yakni Freeport McMoRan (FCX) untuk mendapatkan 51 persen saham tambang di Papua.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id