Sektor Pertambangan Diprediksi akan Bangkit
Illustrasi. Dok : MI.
Jakarta: Indonesian Mining Association (IMA) memprediksi sektor pertambangan akan mengalami kebangkitan seiring tingginya permintaan akan batu bara sebagai sumber energi utama  pembangkit tenaga listrik. Maraknya pembangunan dan perubahan pola hidup di masyarakat mendorong naiknya angka konsumsi listrik di dalam negeri.

Ketua Umum IMA Ido Hutabarat mengatakan geliat pasar komoditas yang membaik dan meningkatnya permintaan pasar akan produk tambang mendorong kebangkitan industri pertambangan di Indonesia. Dengan kekayaan sumberdaya mineral dan batu bara membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan investasi favorit para investor.

"Guna membahas berbagai kemajuan teknologi dan perubahan tren pertambangan kita memerlukan satu wadah yang dapat mempertemukan para pelaku usaha, pemerintah dan akademisi," kata Ido dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, 12 September 2018.

Menurut dia, sektor pertambangan merupakan salah satu industri yang memiliki kontribusi terbesar dalam perekonomian Indonesia, didukung kondisi geologi yang sempuna menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya alam dan mineral. Kekayaan mineral yang besar membuat Indonesia banyak dilirik dan diminati oleh para investor.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2018 sebesar 5,06 persen, di mana industri pertambangan mengalami pertumbuhan 0,74  persen. Sementara itu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut, Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor pertambangan mineral dan batubara mencapai Rp40,6 triliun pada 2017.




(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id