Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) (ANT/Yudhi Mahatma).
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) (ANT/Yudhi Mahatma).

Tiga PLTS di Lombok Siap Beroperasi

Ekonomi plts
Annisa ayu artanti • 04 Juli 2019 20:24
Jakarta: Tiga Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 5 megawatt (MW) siap memperkuat sistem kelistrikan Lombok. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan operasi komersial (commercial operation date/COD).
 
Tiga pembangkit tersebut adalah PLTS Pringgabaya, PLTS Selong, dan PLTS Sengkol. General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka mengatakan PLTS ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN untuk terus mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT), khususnya di NTB.
 
"Kita terus mendorong percepatan pencapaian target bauran energi terbarukan. Sesuai yang terdapat dalam Kebijakan Energi Nasional, targetnya 23 persen pembangkit merupakan EBT di 2025,” kata Rudi dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 4 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan beroperasinya PLTS ini, bauran EBT untuk wilayah NTB menjadi 11 persen. Dia mengatakan angka ini akan bertambah seiring dengan semakin banyaknya lokasi pengembangan EBT di NTB.
 
Rudi juga menyampaikan pengoperasian PLTS ini akan meningkatkan keandalan pasokan listrik sistem kelistrikan Lombok serta akan berdampak pada efisiensi karena mengurangi pemakaian BBM di beberapa pembangkit di NTB.
 
“PLTS beroperasi, pasokan listrik khususnya di Lombok semakin andal, kualitas layanan bagus, dan pelanggan semakin nyaman menggunakan listrik,” ucap Rudi.
 
Saat ini, sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu sebesar 265 MW dengan beban puncak sebesar 228 MW dengan lokasi pembangkit tersebar.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif