PLN Beli Tenaga Listrik Terbarukan dari PLTA Merangin

Annisa ayu artanti 15 November 2018 20:04 WIB
pln
PLN Beli Tenaga Listrik Terbarukan dari PLTA Merangin
PLN. MI/PANCA SYURKANI.
Jakarta: PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian jual beli tanaga listrik (Power Purchase Agreement/PPA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) Merangin yang dioperasikan oleh PT Kerinci Merangin Hidro.

PLTA Merangin berlokasi di Kabupaten Kerinci, Jambi memiliki kapasitas sebesar 4x87,5 MW (Megawatt). Energi yang dihasilkan per tahun sebesar 1.280 Giga Watt hour (GWh). PLTA Merangin direncanakan beroperasi secara komersial (COD) pada 2025.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menjelaskan PPA yang dilakukan oleh anak usaha Kalla Gropu ini merupakan yang ke empat di 2018 untuk pengembangan EBT. Ia berharap pembangkit ini dapat memenuhi listrik ke bagian selatan dan tengah Sumatera.

"PLTA Merangin ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik yang akan terus meningkat. Secara tidak langsung, PLN pun turut serta dalam perkembangan industri dan bisnis di Indonesia," ujar Sofyan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 15 November 2018.

Lebih lanjut, Sofyan menjelaskan, PLTA Merangin juga akan digunakan sebagai pembangkit peaker. Pembangkit Peaker adalah pembangkit yang digunakan hanya pada saat beban puncak.

"PLTA Merangin ini akan mengurangi beban peaker PLN di Sumatera yang masih menggunakan pembangkit gas dan diesel," jelas dia.

Seperti diketahui, total investasi yang akan dikeluarkan dari proyek PLTA Merangin sendiri sebesar USD903,7 juta atau setara Rp13,4 triliun.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id