PLN. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.
PLN. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.

Aset PLN Capai Rp1.550 Triliun

Ekonomi bumn pln
Suci Sedya Utami • 03 Februari 2020 17:26
Jakarta: Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menyebutkan aset PLN saat ini mencapai Rp1.550 triliun. Hal tersebut ia sampaikan saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI.
 
"Aset terus menningkat jadi Rp1.550 triliun," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 3 Februari 2020.
 
Selain itu laba sebelum bunga, pajak, penyusutan dan amortisasi (EBITDA) dikatakan Zulkifli juga mengalami perbaikan. Namun demikian dirinya belum bisa menyampaikan angkanya sebab laporan keuangan 2019 belum selesai diaudit.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, dia menegaskan saat ini kondisi keuangan perusahaan dalam kondisi sangat baik kendati memang dari sisi cashflow terdapat sedikit tekanan. Namun ia mengusahakan tekanan tersebut akan berangsur membaik ke depannya.
 
Zulkifli mengatakan kinerja keuangan PLN harus sehat dan memiliki arus kas (cashflow) yang baik. Sebab PLN sebagai perusahaan negara harus melaksanakan mandat untuk melayani publik.
 
Ia pun menyadari tidak ada satupun perusahaaan di dunia yang bisa melaksanakan mandat dengan baik jika kondisi keuangannya tidak baik. Ia bilang bersama dengan anak usaha dan cucu usaha akan menjaga agar tetap sustain dari sisi keuangan. Terutama terkait kemampuan membayar utang pada lender.
 
"Sebagai perusahaan negara, kalau PLN fail (bayar kewajiban) artinya negara fail. Jadikeuangan harus baik. Kami akan berikan servis terbaik. Karena itulah harusnya PLN melayani, bukan dilayani," tutur dia.
 
Lebih jauh ia bilang ada beberapa hal utama yang dijunjung oleh PLN. Pertama bekerja dengan tata lelola yang baik (good corporate governance/GCG). Kedua mendahulukan pelayanan berupa keamanan eneri selama 24 jam setiap harinya.
 
Ketiga, lanjut dia, bekerja sama dengan seluruh penanggung jawab untuk mencari solusi dari solusi dari setiap permasalahan. Ia bilang bukan hanya rencana dan strategi untuk bisa memecahkan masalah, namun juga perlu eksekusi dari strategi tersebut.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif